Yuk Cari Tahu Arti Barakallah Fii Umrik dan Hukum Mengucapkannya

  • 2 min read
  • Mar 26, 2021
Cari Tahu Arti Barakallah Fii Umrik

Belakangan ini, kata barakallah fii umrik memang sudah tidak lagi terdengar asing. Bagi siapa saja yang sedang berulang tahun, tentunya kata atau rangkaian kalimat ucapan selamat barakallah fii umrik ini disampaikan untuk mereka.

Ucapan ulang tahun dari bahasa Arab ini memang sering dikirimkan pada teman atau kerabat yang berulang tahun, pasalnya ucapan tersebut mengandung doa yang baik. Tidak hanya kata barakallah fii umrik saja, namun masih ada kalimat ucapan selamat ulang tahun lainnya yang lazim digunakan oleh orang orang, untuk merayakan hari kelahiran dari orang yang mereka kenal

Lantas, apa arti barakallah fii umrik itu? Dan bagaimana hukum mengucapkan selamat ulang tahun dalam bahasa Arab atau bahasa lainnya? Temukan jawabannya, dengan menyimak penjelasan dibawah ini :

  1. Arti Barakallah Fii Umrik

Barakallah fii umrik berasal dari Bahasa Arab yang memiliki arti semoga Allah melimpahkan keberkahan dalam bertambahnya usiamu. Ucapan ini juga merupakan doa yang baik bagi mereka yang sedang ulang tahun.

Ketika seseorang mengucapkan barakallah fii umrik, maka kamu bisa membalasnya dengan mengucapkan “Wa fiika barakallah” yang berarti, semoga Allah juga memberkahimu.

  1. Hukum Mengucapkan Selamat Ulang Tahun

Dikutip dari berbagai sumber, dalam Islam tidak ada hukum khusus untuk mengingat atau member ucapan hari kelahiran atau ulang tahun. Meski begitu, jika mengambil contoh dari Rasulullah, Nabi Muhammad SAW melakukan ibadah puasa dalam mengisi kegiatan hari lahirnya.

Sebagaimana yang telah dijelaskan dalam hadits berikut :

Dari Abu Qotadah Al Anshori RA, Rasulullah SAW pernah ditanya tentang puasa pada hari Senin, lantas beliau menjawab, “Hari tersebut adalah hari aku dilahirkan, hari aku diutus atau diturunkannya wahyu untukku.” (HR. Muslim No. 1162).

Hukum mengucapkan selamat ulang tahun dalam Islam adalah mubah atau boleh dilakukan. Mubah berarti jika dikerjakan tidak akan mendapatkan pahala, namun tidak berdosa jika tidak mengucapkan.

  1. Mengucapkan Selamat Ulang Tahun Bahasa Arab Atau Bahasa Latin Menurut UAS

Dai kondang Ustad Abdul Somad alias UAS dalam sebuah tayangan video yang diunggah di kanal YouTube Ustadz Abdul Somad Official berjudul “Hukum Mengucap Ulang Tahun” memberikan penjelasan tentang hukum mengucapkan selamat ulang tahun baik dalam bahasa Arab atapun bahasa lain.

Sebagaimana disampaikan oleh dai yang akrab disapa UAS itu, hal tersebut dilihat berdasarkan substansinya. Sebagai contoh seperti beberapa ucapan yang sering atau populer digunakan oleh banyak orang, yaitu HBD (Happy Birthday), selamat ulang tahun, barakallah fii umrik, dan mabruk alfa mabruk.

Oleh karena itu merujuk pada kata “Happy” dalam ucapan Happy Birthday atau HBD yang memiliki substansi senang. Kemudian ada ucapan selamat ulang tahun dalam Bahasa Indonesia yang memiliki substansi selamat. Dan ucapan selamat ulang tahun dari Bahasa Arab yaitu “Allahumma inna nas-aluka salamatan” yang disebut sebagai doa selamat. Serta ucapan “Barakallah fii umrik” yang berarti “Semoga Allah memberkahi umurmu”. Ucapan selamat ulang tahun dalam bahasa Arab tersebut memiliki sustansi berkah.

Terakhir ucapan “Mabruk alfa”, namun sebagaimana yang dijelaskan UAS bahwa sebenarnya kalimat tersebut kurang tepat. Sebenarnya yang tepat itu adalah kata “Mubarak”, karena fi’il madhinya Baraka-yubaarik”.

Doa doa tersebut bisa memberi semangat bagi mereka yang sedang berulang tahun. UAS menambahkan yang haram itu bukanlah mengucapkan selamat ulang tahun, namun tradisinya seperti tiup lilin.