Vitamin B Perlu Dikonsumsi Jika Kamu Sibuk Jalani Rutinitas

  • 3 min read
  • Apr 23, 2021
Vitamin B

Apakah kamu termasuk sebagai seseorang yang punya berbagai kesibukan yang perlu dijalani sehari-harinya dalam hidupmu? Jangan lupa untuk jaga kebugaranmu, ya! Apalagi seperti yang kita tahu, kita masih berada di tengah pandemi Covid-19. Sehingga urusan kebugaran tubuh, perlu diperhatikan.

Belum lagi cuaca yang belakangan ini sering sekali tidak jelas. Kadang begitu panas, tapi tak jarang juga tiba-tiba hujan deras menerpa.

Supaya tubuh selalu bugar, pastikan bahwa kamu memiliki asupan vitamin B yang mencukupi, ya! Karena manfaat vitamin B, salah satunya adalah untuk menjaga daya tahan tubuh kita. Sebuah peran yang penting untuk menjaga kita tetap sehat, apalagi di tengah-tengah situasi pandemi dan cuaca pancaroba.

Jika kamu punya sistem imun yang kuat, maka kemungkinan bahwa tubuhmu dapat menghalau berbagai penyakit pun menjadi lebih besar, dan akhirnya kamu pun bisa jalani berbagai kegiatan dalam hari-harimu dengan lebih tenang dan lancar.

Nah, tapi sebenarnya bagaimana bisa vitamin B menjadi salah satu vitamin yang dapat meningkatkan imunitas pada tubuh kita? Sebelum kita ke penjelasan mengenai hal itu, kita perlu tahu, apa sih sebenarnya vitamin B ini?

Jadi, vitamin B kompleks adalah senyawa yang terdiri dari beberapa vitamin berbeda. Meskipun beberapa vitamin B tidak berhubungan secara kimiawi, vitamin-vitamin ini sering bekerja bahu membahu untuk membuat tubuh kita menjadi lebih sehat dan juga bugar.

Namun, dengan berbagai manfaat yang dimilikinya, vitamin B larut dalam air, yang berarti tubuh kita tidak menyimpannya. Inilah mengapa kamu baru bisa mendapatkan senyawa ini dari asupan makanan, minuman, atau suplemen.

Berikut adalah delapan jenis dari vitamin B yang akhirnya membentuk vitamin B kompleks, beserta berbagai manfaatnya untuk kesehatan tubuh kita.

  • Vitamin B2

Jenis kedua adalah vitamin B2 yang berperan untuk menjaga kesehatan mata dan kulit kamu. Vitamin B2 atau yang disebut riboflavin ini juga membantu mencerna karbohidrat, protein, dan lemak yang masuk ke dalam tubuh.

Rekomendasi asupan untuk vitamin B2 secara harian yang dibutuhkan pria adalah sebesar 1,3 miligram dan untuk wanita sebesar 1,1 miligram. Sumber makanan yang kaya akan vitamin B2 adalah sayur, nasi, susu, dan telur. Namun, hindari makanan ini dari paparan langsung sinar matahari, karena merusak vitamin B2 itu sendiri.

  • Vitamin B3

Vitamin B3 atau niacin punya peran da lam sistem saraf sekaligus sebagai pengubah makanan yang masuk ke dalam tubuh menjadi energi. Asupan harian vitamin B3 untuk pria adalah sebesar 17 miligram dan bagi wanita sebesar 13 miligram. Kacang-kacangan, ikan, susu, daging sapi, dan telur adalah sumber vitamin B3 terbaik. (1)

  • Vitamin B5

Pantothenic acid atau vitamin B5 penting dalam membantu proses pertumbuhan tubuh sekaligus produksi hormon. Makanan yang kaya vitamin B5 adalah brokoli, tomat, nasi merah, daging, telur, dan kentang. (1)

  • Vitamin B6

Dilansir dari National Institutes of Health, vitamin B6 memiliki peran untuk metabolisme tubuh. Tidak hanya itu, vitamin B6 berfungsi untuk mengedarkan oksigen ke seluruh tubuh melalui pembuluh darah.

Vitamin B6 juga juga diketahui bermanfaat untuk menjaga otot, saluran pencernaan, dan beberapa bagian dari imunitas tubuh. Pada pria, diperlukan asupan harian vitamin B6 sebesar 1,4 miligram. Sedangkan untuk wanita, kebutuhan hariannya sebesar 1,2 miligram. (1)

  • Vitamin B7

Salah satu fungsi dari vitamin B adalah sebagai pemecah nutrisi penting yang masuk ke dalam tubuh dan mengubahnya menjadi energi.

Hal ini juga tidak terkecuali pada vitamin B7 atau biotin. Vitamin B7 diketahui dapat memecah lemak dan karbohidrat menjadi asam lemak dan gula. Wortel, hati, sereal, salmon, dan pisang adalah beberapa makanan sumber vitamin B7.

  • Vitamin B9

Folic acid atau vitamin B9 memproduksi sel darah merah dalam tubuh bersama dengan vitamin B12. Bagi ibu hamil, mengonsumsi makanan kaya vitamin B9 menurunkan risiko terjadi kecacatan bayi di dalam kandungan, terutama yang berhubungan dengan sistem saraf pusat, seperti misalnya spina bifida. (2)

Menurut rekomendasi dari The National Institutes of Health, orang dewasa membutuhkan 400 mikrogram per hari, ibu menyusui membutuhkan 500 mikrogram sedangkan ibu hamil membutuhkan 600 mikrogram.

Khusus untuk wanita yang merencanakan kehamilan sebaiknya penuhi kebutuhan vitamin B9 untuk kesehatan dan perkembangan janin dalam kandungan. Beberapa makanan sumber vitamin B9 adalah asparagus, kacang polong, brokoli, sereal, dan bayam.

  • Vitamin B12

Menurut Harvard Medical School, tubuh manusia nyatanya membutuhkan vitamin B12 untuk membuat sel darah merah, pembentukan saraf dan juga DNA.

Orang dewasa membutuhkan 2,4 mikrogram dalam satu hari. Vitamin B12 tidak diproduksi dalam tubuh melainkan didapatkan dari suplemen dan sumber makanan yang mengandung vitamin B12. (2)

Dari penjelasan di atas, kamu pastinya sudah tahu dong mengenai berbagai hal tentang vitamin B dan juga manfaat-manfaatnya untuk kesehatan tubuh kita?

Nah, untuk mendapatkan asupan vitamin terbaik, kamu bisa mendapatkannya dengan mengkonsumsi Mizone! Sebagai satu-satunya minuman isotonik dengan kandungan vitamin B, Mizone bakal Bantu Badan Siap Lanjut Terus! Jadi tubuh jadi bugar dan sehat, kamu juga bisa jalani berbagai rutinitasmu dengan lebih nyaman dan lancar!

Source:

  1. https://www.sehatq.com/artikel/apa-itu-vitamin-b-kompleks-dan-apa-saja-manfaatnya
  2. https://www.medicalnewstoday.com/articles/324856#who-should-take-them