Ketika kamu mempunyai rencana untuk tinggal di apartemen, kamu tidak perlu membeli apartemen dahulu. Kamu bisa mencoba seperti sewa apartemen dahulu. Terdapat banyak sewa waktu dalam menyewa apartemen bisa harian, bulanan, bahkan tahunan. Dengan menyewa kamu bisa merasakan seperti apa suasana tinggal di apartemen yang akan kamu tuju. Sebelum kamu menyewa apartemen, ada beberapa tips sewa apartemen yang tepat apalagi untuk yang belum pernah menyewa cocok sebagai referensi. Mau tau apa saja? Mari kita simak satu per satu tips sewa apartemen yang tepat:

  1. Lokasi sewa apartemen

kamu harus mengecek apakah lokasi tempat apartemen yang kamu sewa strategis atau tidak. Dalam hal ini untuk mempercepat akses kamu dalam melakukan aktifitas harian seperti bekerja. karena jika lokasi aktifitas harian anda jauh dari apartemen akan mengeluarkan ongkos lebih. Dan juga pilih lokasi yang dekat dengan fasilitas umum agar mempermudah akses ketika kamu akan datang ke berbagai fasilitas umum.

  1. Anggaran

kamu harus mengetahui anggaran ketika akan menyewa apartemen. Perhitungkan berapa lama kamu akan menyewa apartemen dengan anggaran anda. Untuk itu kamu bisa mencari rata-rata biaya sewa apartemen di area tersebut. Pastikan kamu mendapatkan harga yang wajar saat kamu bernegosiasi kepada pemilik apartemen. Pilihlah apartemen yang sesuai dengan kebutuhan kamu jangan sampai kamu memilih apartemen hanya karena gengsi sehingga anggaran tidak diperhitungkan.

  1. Jangka waktu penyewaan

Ketahui jangka waktu kamu akan menyewa sebuah apartemen. Sesuaikan dengan aktifitas dan kebutuhan kamu. Jika kamu akan berencana dalam waktu lama, kamu bisa menyewa apartemen bulanan bahkan tahunan. Karena setiap harga sewa waktu akan berbeda-beda. Semakin lama kamu tinggal, akan semakin murah juga harga penyewaannya. Kamu juga bisa melakukan negosiasi mengenai harga dengan pemilik unit apartemen agar harga sewa bisa lebih murah.

  1. Aturan apartemen

Kamu bisa bertanya mengenai aturan aturan penyewaan apartemen. Ini untuk menjaga kenyamanan serta ketertiban selama tinggal di dalam apartemen. Kamu bisa komunikasikan dengan pemilik apartemen untuk peraturan apartemen. Tidak hanya kenyamanan kamu juga bisa Tanya mengenai peraturan dalam kerusakan unit apartemen Apakah kamu harus ganti atau tidak. Sebisa mungkin kamu melakukan cek unit apartemen, jika ada kerusakan atau kendala kamu bisa langsung komunikasikan langsung dengan pemilik agar kamu terhindar dari ganti rugi yang bukan terjadi akibat kesalahan kamu.

  1. Identitas diri sebagai syarat menyewa

Persiapkan identitas diri sebagai salah satu syarat dalam menyewa apartemen. Bisa berupa KTP, SIM, atau paspor. Namun biasanya meminta hanya fotokopi saja tidak berkas yang asli. Ini merupakan prosedur dalam menyewa apartemen. Dan juga jangan lupa untuk kontrak apartemen jika kamu menyewa dalam waktu yang lama. Kontrak meliputi perjanjian harga sewa, jangka waktu sewa, tanggung jawab kerusakan dan fasilitas yang diperoleh oleh penyewa. Surat perjanjian ini dibuat dua rangkap untuk kedua belah pihak masing-masing memegangnya. Adanya surat perjanjian ini sebagai bukti legal menghuni apartemen tersebut.

  1. Parkir

Jika kamu akan membawa kendaraan pribadi, sebaiknya kamu tanyakan lahan parkir yang tersedia dan fasilitas parkir. Apakah kamu mendapatkan jatah parkir atau kamu harus membayar parkir. Jika kamu tidak mendapatkan jatah parkir, sebaiknya kamu daftarkan dengan pengurus parkir untuk di daftarkan sewa bulanan agar harga parkir lebih hemat daripada bayar parkir harian.

Itulah tips dalam memilih sewa apartemen yang tepat. Semoga kamu tidak kebingungan lagi dalam memilih tempat sewa apartemen