Apartemen menjadi salah satu alternatif tempat tinggal mahasiswa perantauan. Keunggulan dapat tinggal di Apartemen menawarkan banyak fasilitas lengkap dan lokasinya strategi. Apartemen biasanya dekat dengan pusat kota, perkantoran, perbelanjaan, hingga kampus. Namun, sebelum Anda memilih untuk tinggal di apartemen, perlu memastikan tempat tersebut cocok dengan suasana yang kamu inginkan. Selain itu pastikan harga yang ditawarkan sesuai dengan fasilitas yang disediakan apartemen.

Ada beberapa hal yang harus kamu perhatikan sebelum memutuskan tinggal di apartemen tertentu. Berikut terdapat beberapa tips agar dapat tinggal di apartemen nyaman dengan biaya ekonomis.

YukStay

  • Harga yang ditawarkan

Survey harga menjadi tips penting dalam memilih hunian di apartemen. Kamu harus mempunyai informasi dari apartemen yang menjadi rekomendasimu. Setelah kamu mengetahui harga yang ditawarkan dari masing-masing apartemen,  kamu dapat mempertimbangkan manakah apartemen yang sesuai dengan kebutuhan. Serta kamu harus mempertimbangkan apakah dengan harga tersebut kamu sudah merasa cocok dan sesuai dengan anggaran biaya yang kamu rencanakan. Jangan sampai kamu mendapatkan harga apartemen yang terlalu mahal dan tidak sesuai dengan kebutuhanmu.

  • Fasilitas apartemen

Hampir kebanyakan orang memilih tinggal di apartemen dikarenakan fasilitas yang diberikan lengkap sehingga mempermudah kegiatanmu sehari-hari, misal terdapat tempat perbelanjaan, tempat laundry, tempat olahraga dan lainnya.

Namun tidak semua apartemen memiliki fasilitas yang selengkap itu, kamu dapat memastikan fasilitas yang dibutuhkan apakah terdapat di apartemen tersebut. Misalnya kamu memilki mobil, maka Anda harus memastikan tempat parkir di apartemen itu. Tentunya akan menambah pengeluaran anda jika tidaktersedia Sehingga perlu memastikan parkir tersedia.

  • Tidak perlu memiliki, namun hanya menyewa

Biaya apartemen memang cukup mahal terlebih untuk mahasiswa dan professional muda. Terdapat apartemen yang hanya menyewakan apartemen tersebut, tanpa kamu harus membeli dan memilikinya sehingga akan sama halnya dengan sistem sewa kost. Dengan ini akan lebih ekonomis dan menguntungkan bagi kamu.

  • Pertimbangkan lokasi apartemen

Tidak hanya mempertimbangkan fasilitas yang kamu dapatkan di apartemen, tetapi harus mempertimbangkan pula lokasi apartemen dengan tempat Anda bekerja atau beraktifitas. Sebisa mungkin anda mencari apartemen yang dekat dengan tempat anda beraktifitas setiap hari. Selain menghemat waktu tempuh perjalanan, tentu perlu mengeluarkan biaya lebih untuk transportasi.

  • Memilih ukuran kamar sesuai yang dibutuhkan

Tentu kebutuhan ruang yang dibutuhkan seorang pelajar atau pekerja berbeda dengan seseorang yang tinggal di apartemen bersama dengan keluarganya. Apabila akan menempati apartemen sendiri, maka tipe unit 1 BR menjadi prioritas sehingga kamu tidak perlu mengeluarkan dana lebih untuk menyewa ruangan besar. Faktanya, tidak semua ruangan akan kamu gunakan. Dengan bertambahnya orang yang akan menghuni apartemen tersebut, maka tipe unit BR harus lebih besar.

Kamu bisa memilih kamar sesuai dengan kebutuhan dan sesuai dengan dana yang kamu sediakan. Hal tersebut supaya kamu bisa tinggal nyaman, serta tidak merasa terlalu besar ataupun merasa sempit.

Setelah mengetahui tips untuk bisa memiliki apartemen dengan harga ekonomi tersebut, apakah Anda masih ragu untuk tinggal di apartemen? Apartemen memang dekat dengan stereotipe kemewahan dan harga yang tidak murah. Namun sebenarnya apartemen tidak selalu dihuni oleh kalangan menengah ke atas. Bagi kamu mahasiswa atau professional muda bisa juga untuk tinggal di apartemen dengan biaya yang dapat kamu jangkau.  Kamu tidak perlu khawatir dengan menerapkan tips diatas, kamu bisa mendapatkan apartemen yang nyaman dengan harga yang ekonomis.