Tips Kecantikan: Inilah 4 Manfaat Minyak Zaitun untuk Kulit Wajah yang Sebaiknya Diketahui!

  • 2 min read
  • Jul 08, 2021
Manfaat Minyak Zaitun

Tips kecantikan – Untuk mendapatkan kulit wajah yang mulus, sebenarnya anda tidak harus menjalani perawatan kulit dengan menggunakan bahan kimia sepanjang waktu. Terkadang, perawatan rumahan juga bisa diterapkan dan tentu hasilnya juga tidak kalah baik. Salah satu perawatan kulit yang bisa anda coba yaitu dengan menggunakan minyak zaitun.

Perawatan kulit wajah dengan minyak zaitun merupakan salah satu cara yang paling sederhana, efektif dan pastinya aman. Minyak zaitun merupakan cairan yang diekstrak dari buah zaitun. Manfaat minyak zaitun untuk wajah memang telah dikenal sejak ribuan tahun lalu. Minyak asli Mediterania ini dibuat dari penggilingan tanaman zaitun dengan kandungan nutrisi serta antioksidan yang cukup tinggi.

Lalu, Apa Saja Manfaat Minyak Zaitun untuk Kulit Wajah? Berikut Ulasannya!

Minyak zaitun merupakan bahan alami yang mengandung kandungan vitamin E, vitamin K, zat besi dan sumber polifenol yang baik untuk kulit dan melindungi sel-sel dari kerusakan. Berikut ini beberapa manfaat minyak zaitun untuk kulit wajah yang sebaiknya diketahui:

  1. Mengecilkan Pori-Pori Wajah

Manfaat minyak zaitun untuk kulit wajah yang pertama ini sudah pasti menjadi hal yang sangat diinginkan oleh semua perempuan yaitu mengecilkan pori-pori. Pori-pori yang besar memang kerap kali menganggu penampilan salah satunya bisa menyebabkan kulit berminyak dan komedo.

Guna memperoleh manfaat dari minyak zaitun ini, anda hanya cukup mengoleskannya pada area wajah yang berpori besar serta berminyak. Lakukanlah secara rutin selesai membersihkan wajah.

  1. Mengencangkan Kulit Wajah

Minyak zaitun mengandung zat linoleic acid yang berfungsi membuat kulit wajah anda lebih kencang lagi. Selain itu, minyak zaitun juga mengandung antioksidan yang cukup tinggi yang membantu melindungi sel-sel kulit dari kerusakan.

Campurkan minyak zaitun dan madu lalu aplikasi sebagai masker. Tunggu beberapa saat hingga masker tersebut kering dan bilas dengan air bersih. Selain menggunakan madu, anda juga bisa menggunakan 1 sendok makan jus lemon dan sejumput garam lalu berikan pijatan pada wajah dan gunakan selama 3 kali dalam seminggu.

  1. Mengangkat Kotoran Serta Menghapus Riasan Wajah

Manfaat minyak zaitun untuk kulit wajah berikutnya yaitu membantu mengangkat kotoran serta menghapus riasan wajah. Gunakan minyak zaitun murni untuk menghapus makeup. Setelah itu bersihkan wajah dengan menggunakan sabun wajah  lalu anda bisa menggunakan skincare setelahnya.

  1. Menghilangkan Bekas Jerawat

Baik itu jerawat maupun bekas jerawat terkadang memang selalu membuat seseorang merasa terganggu. Nah, untuk anda yang sedang megalami masalah sulit menghilangkan bekas jerawat, minyak zaitun bisa menjadi solusinya. Minyak zaitun mengandung vitamin E yang efektif untuk menghilangkan bekas jerawat yang sudah menghitam. Gunakan minyak zaitun secara rutin pada area bekas jerawat.

  1. Melembabkan Kulit Wajah

Manfaat minyak zaitun untuk kulit wajah selanjutnya yaitu membantu melembabkan kulit wajah. Menurut sebuah penelitian, minyak zaitun merupakan salah satu jenis minyak yang baik untuk menjaga kelembapan kulit serta mudah meresap kedalam lapisan kulit.

  1. Menghaluskan Wajah

Terakhir, minyak zaitun juga bermanfaat sebagai penghalus kulit alami. Agar hasilnya lebih maksimal, minyak zaitun bisa dicampur dengan buah pepaya karena buah ini mengandung enzim papain yang membantu dalam meregenerasi kulit. Haluskan pepaya, lalu masukkan minyak zaitun. Aplikasikan ke wajah anda lalu bilas hingga bersih jika sudah kering.

Nah itulah tips kecantikan mengenai manfaat minyak zaitun untuk kulit wajah. Luar biasa bukan? Minyak zaitun kini sudah tersedia di pasaran jadi tentu saja anda tidak akan kesulitan menemukannya. Selamat mencoba!