Ternyata, Ini Loh 5 Manfaat Bawang Bombay untuk Kesehatan

  • 2 min read
  • Sep 08, 2021
Bawang Bombay

Ketika kita membahas mengenai bumbu-bumbu rempah, pasti kita tidak bisa melewatkan bawang bombay. Memang, bawang bombay termasuk sebagai salah satu rempah penyedap yang banyak digunakan pada berbagai masakan, mulai dari martabak, tumisan, serta banyak jenis masakan yang lainnya. Pada dasarnya, memang bawang yang satu ini berperan penting untuk memberikan rasa lezat pada makanan. Makanya, tidak heran apabila banyak yang menggunakan bawang bombay pada menu-menu olahan mereka.

Untuk mendapatkan bawang bombay berkualitas terpercaya, kita bisa secara mudah berbelanja dari rumah melalui TaniHub, sebuah platform online terbaik yang menyediakan aneka macam buah dan sayuran. Apalagi, memang banyak orang yang menggunakan bawang bombay karena selain dapat membuat rasa masakan menjadi lezat, bawang yang satu ini juga dapat memberikan bermacam-macam manfaat kesehatan untuk kita. Apalagi, bawang yang satu ini juga rendah kalori dan memiliki banyak vitamin, senyawa antioksidan, serta mineral. Lantas, apa saja sih manfaat kesehatan yang bisa kita dapatkan dari bawang bombay? Berikut ini terdapat ulasan mengenai 5 manfaat kesehatan dari bawang bombay!

1. Memelihara kesehatan jantung

Ternyata, bawang bombay bermanfaat untuk memelihara kesehatan jantung dan pembuluh darah kita. Soalnya, kandungan pada bawang bombay akan mengontrol tekanan darah serta mengurangi risiko munculnya serangan jantung. Apalagi, bawang bombay juga memiliki kandungan kalium yang berperan penting untuk menurunkan tekanan darah. Di samping itu, ada juga sejenis flavonoid yang disebut sebagai quercetin yang akan berperan penting untuk menjaga tekanan darah kita untuk tetap normal serta membuat kesehatan jantung tetap terjaga secara keseluruhan.

2. Mengontrol mood

Di dalam bawang bombay, ada senyawa folat yang berperan sangat baik untuk menurunkan gejala depresi. Apalagi, kandungan folat ini akan mengurangi proses pembentukan homosistein yang merupakan senyawa untuk mencegah darah serta gizi menuju ke otak secara maksimal. Melalui penekanan produksi homosistein, maka kita dapat memproduksi zat kimia di otak seperti serotonin, norepinefrin, serta dopamin secara efektif. Kemudian, adanya produksi zat kimia pada otak ini akan memberikan dampak positif karena otak akan bekerja lebih maksimal untuk mengatur mood, nafsu makan, maupun siklus tidur kita.

3. Melancarkan sistem pencernaan

Bukan hanya mood dan kesehatan jantung saja yang dapat kita rasakan perubahannya dari konsumsi bawang bombay, soalnya kandungan serat pada bawang bombay juga berguna untuk membuat sistem pencernaan kita lebih optimal. Bawang bombay pun memiliki serat khusus, lebih tepatnya serat larut yang dikenal sebagai oligofructose. Jenis serat yang satu ini akan mendorong terjadinya pertumbuhan bakteri yang bersifat baik di usus. Dan pastinya, serat ini juga akan mengatasi masalah sembelit yang apabila dibiarkan dapat memicu kemunculan ambeien.

4. Meningkatkan sistem imun dalam tubuh

Konsumsi bawang bombay juga baik untuk kita yang ingin membuat sistem imun dalam tubuh semakin meningkat. Soalnya, ada kandungan polifenol pada bawang putih yang berperan sebagai antioksidan. Maka dari itu, polifenol ini akan melindungi tubuh kita dari paparan radikal bebas. Berkat berkurangnya radikal bebas yang menumpuk ini, tubuh kita bisa membentuk sistem kekebalan yang semakin kuat.

5. Mengurangi risiko penyakit kanker

Bawang bombay yang kita konsumsi ternyata juga berkhasiat untuk mengurangi risiko terkena penyakit kanker. Soalnya, bawang bombay sendiri termasuk sebagai salah satu jenis sayuran allium yang berfungsi mencegah kanker, terutama kanker perut dan usus besar. Hal ini dikarenakan adanya kandungan organosulfur yang tinggi.