Konten Visual memang banyak sekali menjadi perhatian di era digital saat ini. Konten Visual sendiri bisa beragam bentuk dan jenisnya. Misal, seorang blogger, akan memiliki Konten Visual berupa sebuah tulisan, youtuber, memiliki konten visual berupa Video, dan yang lainnya.

Pada dasarnya, konten Visual adalah sebuah bentuk Konten, yang bisa dilihat secara visual, baik dalam bentuk tulisan, foto, atau bahkan sebuah Video.

Apakah sebuah Konten Visual bisa masuk kedalam sebuah Digital Marketing?

Jawabannya adalah – Iya.

Konten Visual bisa menjadi salah satu cara mempromosikan sebuah brand, atau bahkan sebagai sarana untuk menjual produk.

Tentunya, untuk menarik minat konsumen, kita harus memiliki Strategi Konten Visual yang baik, agar menarik minat konsumen. Baik menjadi pengunjung didalam sebuah website, atau bahkan calon pembeli.

Strategi Visual Konten Marketing 2020

1. Membuat Desain Visual sendiri

Mungkin bagi sebagian blogger saat ini, membuat sebuah artikel tanpa menyertakan gambar, seperti menikmati sayur tanpa garam. Iya, hambar.

Nah, untuk mengatasinya, biasanya para blogger ini menggunakan gambar yang sering kali di dapatkan di Google Images.

Mungkin terdengar biasa ya, namun hal ini ternyata bisa membuat kamu tidak berbeda dari yang lainnya. Kamu harus lebih unik, kamu harus punya ciri khas thumbnail post mu sendiri.

Jadi, kamu bisa mulai membuat desain visual sendiri dengan menggunakan beberapa aplikasi gratis, seperti photoshop, canva, atau bahkan yang lainnya.

Tidak usah terlalu bagus dan rumit, cukup thumbnail sederhana yang mudah untuk dilihat.

2. Menggunakan Gambar Creative Common

Buat kamu yang sering kejar tayang dalam membuat sebuah konten, mungkin kamu bisa menggunakan gambar yang bersifat Creative Common, atau bebas untuk digunakan.

Gambar jenis ini biasanya bisa di temui di beberapa penyedia gambar free-royalty seperti unsplash.

Namun, kalian tetap harus menyertakan sumber gambar tersebut ya, karena mereka memiliki credit atas gambar tersebut.

3. Memperhatikan Heading

Ini yang sering dilupakan oleh para blogger saat ini.

Yaps, heading merupakan salah satu acuan penting bagi pembaca. Dimana heading juga memiliki peran yang berbeda beda fungsinya.

Misal :

  • Heading H1 pada sebuah blog, biasa digunakan untuk judul
  • Heading H2 pada sebuah blog, biasa digunakan untuk sub judul
  • Heading H3 pada sebuah blog, biasa digunakan untuk sub sub judul

Hampir mirip dengan skripsi ya, namun, hal ini juga berlaku di dunia blogging loh. Seperti dilansir laman Akses Digital, penggunaan Heading sangat berpengaruh pada kualitas Artikel, serta terlihat friendly di mata GoogleBot.

Kesimpulan

Visual Konten marketing adalah, sebuah cara dalam menawarkan, menjual, atau bahkan menarik perhatian konsumen melalui media Visual. Untuk itu, kalian bisa membuat sebuah visual konten yang berbeda dari yang lain, agar memiliki ciri khas, serta keunikan tersendiri.