Penggunaan Internet pada Anak Ini Perlu Diperhatikan Oleh Orang Tua

  • 2 min read
  • Oct 27, 2020
Penggunaan Internet pada Anak Ini Perlu Diperhatikan Oleh Orang Tua

Penggunaan Internet pada Anak Ini Perlu Diperhatikan Oleh Orang Tua! Sekarang ini kehadiran internet sudah menyasar pada seluruh kalangan pengguna, baik itu orang tua maupun anak-anak. Tak hanya sebagai sarana informasi atau komunikasi seperti telepon dan SMS saja. Tetapi internet juga penting dalam hal penyediaan sarana hiburan dan komunikasi canggih.

Misalnya saja melalui platform Facebook, Instagram, YouTube, Twitter, Snapchat, Whatsapp, dan sebagainya. Selain itu, aktivitas bermain menggunakan situs pencarian atau peramban juga kian meningkat. Bahkan aktivitas ini juga kerap dilakukan oleh anak. Tak jarang, usia anak sudah mulai mencari cara buka situs yang diblokir karena pengaruh lingkungan.

Padahal seperti yang kita tahu, aktivitas berselancar menggunakan situs yang sudah diblokir adalah salah. Karena seluruh informasi yang tersedia di sana adalah bersifat negatif. Nah, dalam hal ini, tentu orangtua harus lebih menyikapi mengenai penggunaan internet pada anak. Ada banyak sisi positif mengapa pengawasan ini perlu dilakukan. Jangan sampai anak terlalu fokus pada dunia maya mereka.

Pentingnya Pengawasan Penggunaan Internet pada Anak

Melalui ketersediaan perangkat seperti ponsel dan laptop, tidak mengherankan bila akhir-akhir ini banyak anak yang menghabiskan waktunya untuk melakukan kegiatan online. Padahal semakin intens anak beraktivitas di internet, berarti akan semakin besar pula kemungkinan mereka melakukan akses konten atau informasi yang tidak pantas.

Misalnya saja seperti konten pornografi, informasi SARA, hoaks, serta konten berbahaya lainnya yang berpotensi membahayakan anak. Belum lagi adanya konten yang berpotensi merugikan dan mengancam privasi maupun keamanan finansial keluarganya. Memahami kondisi ini, tentu kita harus memberikan perlindungan penggunaan internet pada anak.

Apalagi saat ini sangat marak aktivitas belanja online dan bermain game online. Jangan sampai anak bertindak sesuka hati membeli berbagai mainan kesukaannya atau pun membeli kebutuhan game online miliknya. Sebagai orangtua, bisa bisa keuangan Anda akan terkuras tanpa disadari dan bisa mempengaruhi karakter anak.

Dalam akses internet, anak seharusnya diperketat oleh para orang tua sebagai upaya pencegahan. Tanpa adanya perlindungan dan pengawasan yang tepat, tentu anak bisa menempatkan dirinya sendiri maupun keluarga dalam kondisi atau situasi bahaya. Tentu hal ini haruslah dipahami oleh orangtua sejak awal, sehingga dilakukan pemantauan penggunaan internet pada anak.

Memantau akses dan penggunaan internet ini dapat memberikan perlindungan terhadap anak dan menjadi poin penting dalam Parental Control. Dalam hal ini, Anda harus paham apa itu Parental Control. Poin ini membicarakan peran Anda sebagai orang tua dalam berinteraksi di kehidupan dunia maya anak. Anda haruslah berperan lebih pro-aktif tanpa membuat anak merasa terlalu diintervensi oleh orangtua mereka.

Orangtua Bisa Memantau Aktivitas Penggunaan Internet pada Anak Melalui Cara Ini

Dalam melakukan pemantauan atas penggunaan internet pada anak, sebaiknya Anda tidak memberi izin pada anak untuk mengunduh program ataupun aplikasi sendiri. Apalagi bila aplikasi tersebut memerlukan keterlibatan sosial atau platform konten dengan orang lain. Misalkan saja saat ingin mengomentari foto orang lain, membuat caption instagram yang bagus, atau pun mengunggah foto.

Sebaiknya, dampingi selalu anak dan berikan pemahaman terkait beraktivitas di dunia maya. Sebagai orangtua, sudah seharusnya Anda menggunakan ponselĀ  sebagai sarana pendidikan dan hiburan positif bagi anak. Oleh karenanya, pahami benar mengenai pentingnya penggunaan internet pada anak. Jangan sampai mereka terlena karena terlalu asik bermain di dunia maya.