Pengertian Pulsa Fisik dan Pulsa Elektrik

  • 2 min read
  • Jan 14, 2020
Pengertian Pulsa Fisik dan Pulsa Elektrik, Tukar Pulsa

Pulsa adalah satuan perhitungan biaya telepon. Sebelum adanya era Telephone yang masuk, arti pulsa masih belum terlalu terkenal karena pada era tersebut masyarakat masih menggunakan telepon konvensional jaringan telepon tetap/PSTN atau jaringan telepon yang menggunakan kabel. Perhitungan tagihan biaya telepon pada masa itu hanya menggunakan sistem tagihan pascabayar (pakai dulu baru bayar). Jadi belum ada istilah pulsa karena belum ada yang namanya prabayar (bayar dulu baru pakai) seperti pulsa yang kita gunakan saat ini.

Pulsa adalah Jadi dari berbagai penjelasan di atas kita dapat menarik kesimpulan bahwa pulsa adalah satuan perhitungan biaya telepon yang kita bayar di depan (prabayar) untuk dapat menggunakan layanan dari suatu provider.

Provider akan memotong nilai kredit tukar pulsa kita sesuai dengan biaya pemakaian layanan. Bisa juga diartikan pulsa adalah sejenis uang namun berbentuk tidak nyata dan hanya bisa ditukar dengan waktu nelpon. jumlah sms atau paket data internet.

Pulsa Fisik / Voucher Fisik

Pulsa fisik/Voucher fisik merupakan voucher isi ulang yang pertama kali. Voucher ini dibuat oleh provider pulsa di Indonesia untuk para pelanggan prabayarnya agar dapat terus menggunakan layanan yang diberikan.

Cara penggunaaan voucher fisik ialah dengan menggosok bagian timah pelindung nomor voucher, lalu memasukkan angka-angka rahasia yang tersembunyi di dalamnya sesuai dengan prosedur dan kebijakan masing-masing penyedia layanan.

Seringkali kebanyakan dari kita kurang hati-hati dalam menggosok bagian pelindung voucher tersebut, sehingga menyebabkan angka rahasia yang tersembunyi dibaliknya setelah digosok menjadi tidak terbaca.

Kalau sudah begini, kita sendiri kan yang rugi, iya kalau cuma 1 angka yang tidak terbaca mungkin kita bisa menebak angka yang mirip atau mencoba-coba satu persatu angka dari 0-9 sampai berhasil masuk dengan syarat maksimal percobaan pengisian mengikuti kebijakan masing-masing provider.

Apabila tidak bisa maka kartu akan otomatis terblokir karena secara terus-menerus mencoba atau memasukkan angka voucher. Tetapi kalau sudah 2 -3 angka yang tidak terbaca sama sekali/hilang lebih baik pasrah saja :).

Pulsa Fisik/Voucher Fisik dari segi Kemudahan dan Ekonomi

Dari sisi kemudahan pengisian pulsa, voucher fisik jelas tidak praktis dan dari sisi ekonomi produksi voucher fisik memerlukan biaya yang tinggi mulai dari biaya pencetakan voucher, pemberian angka unik, pelapisan timah pelindung hingga proses packing.

Pulsa Elektrik / Voucher Elektrik

Pulsa elektrik baik dari segi ekonomi maupun dari segi kemudahan jelas jauh lebih unggul dibandingkan dengan voucher fisik, lebih mudah, lebih murah, lebih gampang dan yang paling disukai oleh kita-kita ialah pulsa langsung masuk ke nomor telepon yang dituju tanpa harus ada campur tangan dari kita sebagai End User.

Disamping sisi baiknya ada juga kelemahannya yaitu sangat bergantung pada kestabilan jaringan operator yang digunakan maupun keadaan waktu saat melakukan pengisian. Sebagai contoh jika kita melakukan top up M-Kios maka waktu yang dibutuhkan untuk mengisi pulsa hanya beberapa detik saja, menurut pengalaman kami pulsa masuk ke hp konsumen sekitar 3-4 detik.

Tetapi jika kita melakukan top up pada saat jaringan sedang mengalami gangguan, maka waktu yang dibutuhkan bisa lebih lama, bahkan ada kemungkinan terburuk yaitu stok di M-Kios terpotong tetapi pulsa tidak masuk/terlambat masuk ke pelanggan.