Mengenal Jenis Mimisan yang Acap Terjadi

  • 2 min read
  • Jan 16, 2021
Jenis Mimisan

Anak-anak lebih rentan mengalami pendarahan hidung karena faktor kelelahan atau gangguan yang lain. Ternyata mimisan tidak hanya terjadi pada anak-anak saja, orang dewasa juga bisa mengalami hal yang sama. Ibu hamil yang mengalami mimisan bisa disebabkan oleh reaksi alergi, infeksi sinus dan efek kehamilan yang membuat pembuluh darah di hidung membesar. Risiko mimisan pada ibu hamil tidak berbahaya selama melakukan penanganan yang baik di rumah atau dokter terdekat.

Dua jenis mimisan berdasarkan faktor penyebab

Penting sekali untuk mengetahui jenis mimisan yang acap terjadi berdasarkan faktor yang menyebabkan kondisi tersebut. Apa saja jenis mimisan itu? Yuk, simak ulasan singkat berikut ini!

1.              Mimisan anterior

Merupakan jenis pendarahan pembuluh darah di hidung yang pecah akibat hal-hal umum. Biasanya jenis mimisan anterior terjadi pada anak-anak rentang umur 2-10 tahun yang disebabkan oleh keseringan mengupil terlalu dalam, membuang ingus yang keras, efek hidung tersumbat, sinusitis, reaksi alergi, udara yang terlalu kering, cedera pada hidung, penggunaan dekongestan berlebihan, atau berada di daerah dataran tinggi yang dingin.

2.              Mimisan posterior

Merupakan jenis mimisan pada orang dewasa yang disebabkan oleh hal-hal lebih serius. Biasanya mimisan jenis posterior memerlukan penanganan langsung ke dokter yang terpercaya. Penyebab kondisi mimisan yang parah adalah trauma pada hidung, operasi hidung, tumor di rongga hidung, kondisi genetik HHT, penderita leukemia, alami tekanan darah tinggi, kelainan pembekuan darah, atau efek mengkonsumsi obat-obatan tertentu.

Apabila kondisi mimisan pada ibu hamil, Anda tidak perlu panik berlebihan. Mimisan umum terjadi disebabkan oleh penyebab ringan sehingga bisa melakukan penanganan mandiri di rumah. Menjepit hidung selama beberapa menit bisa menjadi langkah efektif mengurangi pendarahan pada hidung. Selain itu, wanita hamil yang mengalami pendarahan pada hidung bisa menggunakan bahan alami yang banyak tersedia di rumah, misalnya kompres es batu atau daun sirih.

Kondisi mimisan pada ibu hamil yang perlu diwaspadai

Penelitian menyebutkan bahwa 20 persen ibu hamil mengalami pendarahan pada hidung akibat pembesaran pembuluh darah selama proses kehamilan. Kadar hormon yang tinggi selama kehamilan memicu pembuluh darah rentan pecah dan ibu hamil sering alami mimisan. Namun, mimisan yang wajar bisa segera mendapatkan penanganan mandiri atau minta resep obat pada dokter. Biasanya mimisan pada ibu hamil tidak memberikan dampak buruk bagi kesehatan diri sendiri dan janin yang dikandung.

Anda yang mengalami mimisan disertai sakit kepala atau gejala lain, sebaiknya segera melakukan pemeriksaan ke dokter secepatnya. Risiko terjadi masalah kesehatan akibat mimisan yang disertai gejala sakit cukup besar. Gangguan pembekuan darah memberikan gejala intensitas pendarahan hidung yang meningkat pada penderita. Tubuh yang sehat bisa membuat Anda bisa menikmati proses kehamilan dengan baik. Tinggal menunggu HPL tiba, Anda bisa belanja keperluan buah hati di toko online perlengkapan bayi saja, ya!