Kereta sejak dahulu sudah menjadi moda transportasi favorit masyarakat yang ingin bepergian jauh. Ada berbagai keuntungan yang didapatkan ketika naik kereta. Harganya lebih terjangkau dibandingkan naik pesawat, waktu tempuh pun relatif lebih cepat, tidak pakai macet dibandingkan naik bus. Indahnya panorama pemandangan pun menjadi daya tarik tersendiri bagi penumpang kereta. Tidak heran bila kereta menjadi pilihan untuk perjalanan bisnis, traveling liburan maupun acara mudik.  Mau liburan yuk naik kereta dan pesan tiket KAI nya sekarang juga.

Tingginya minat masyarakat untuk menggunakan jasa transportasi kereta api sering kali membuat tiket kereta api cepat habis, apalagi di musim liburan atau saat mudik lebaran. Tidak seperti dulu orang harus beli tiket ke stasiun, sekarang pembelian tiket bisa dilakukan secara online lewat smartphone. Berburu tiket kereta menjadi aktivitas seru. Jika dahulu orang berdesak-desakan untuk mendapatkan selembar tiket kereta sekarang orang cepat-cepat menekan ikon pesan untuk bisa mendapatkan tiket kereta sesuai dengan kebutuhannya. 

Kabar terbaru untuk Anda mulai 1 Desember 2019 naik kereta api bisa jadi lebih cepat. Sesuai dengan kebijakan Gapeka atau perubahan grafik perjalanan kereta api dari Kemenhub yang menyatakan bahwa perubahan jalan kereta api menyesuaikan dengan grafik perjalanan. Akan ada penambahan 79 perjalanan KAI. Selain jumlah perjalanannya pihak PT KAI juga memperbaiki sistem jalur dan peron yang ada. 

Bicara mengenai perjalanan KAI ada beberapa hal yang perlu diperhatikan terutama untuk Anda yang akan melakukan pemesanan tiket kereta melalui online. Pertama yang harus dilakukan adalah memesan tiket sedini mungkin. Banyak orang yang menunda beli tiket sekarang juga karena waktu keberangkatan yang dianggap masih terlalu lama, padahal reservasi tiket bisa dilakukan H-90 sebelum tanggal keberangkatan. Jika mendadak melakukan pemesanan tiket Anda bisa-bisa kehabisan tiket.

Kedua pesan tiket melalui online travel agent atau disingkat OTA. Pilih OTA yang telah menjadi partner resmi dari PT KAI. Naik kereta dan pesan tiket KAI nya sekarang untuk mendapatkan promo dari online  travel agent terpercaya Traveloka. Fitur menarik yang diberikan traveloka ada pay later yang mempermudah proses pembayaran. Tersedia berbagai promo menarik potongan harga, cashback dan kupon lainnya. 

Proses pemesanan tiket kereta api melalui online bisa dilakukan maksimal 1 hari sebelum tanggal keberangkatan. Proses pembatalan maupun retur sesuai dengan kebijakan dari PT KAI yang berlaku. Kelebihan dari pemesanan tiket online dengan OTA Traveloka memiliki kelebihan jika tiket kereta rute langsung sudah kosong, aplikasi akan memberikan rekomendasi rute lain supaya Anda tetap bisa melakukan perjalanan dengan kereta api. 

Setelah melakukan pemesanan jangan lupa untuk menyimpan data penumpang yang sesuai dengan kartu identitas. Data diri pemesan diisi dengan data diri Anda pribadi, lalu isi juga data diri penumpang lain jika ada. isi data diri secara teliti supaya tidak terjadi kesalahan. Kesalahan mengisi data diri bisa menyebabkan tidak sahnya tiket yang telah dibeli. Karena akan ada check in terlebih dahulu sebelum penumpang masuk ke peron. Data diri anak dibawah 3 tahun juga harus dimasukkan supaya mendapatkan tiket. 

Peraturan penumpang kereta Api yang perlu Anda ketahui. Penumpang yang berusia di bawah 3 tahun wajib memiliki tiket supaya bisa masuk ke dalam kereta. Tiket untuk anak-anak dibawah 3 tahun bisa didapatkan secara gratis, Anda hanya perlu memasukkan data diri anak dan nanti tiket untuk Anda bisa dicetak bersama dengan tiket orang dewasa yang dipesan. Saat ini anak-anak sudah memiliki kartu Identitas anak atau KIA yang bisa dipakai untuk Anak yang sudah berusia diatas 3 tahun sebagai data diri mereka ketika melakukan reservasi tiket kereta. 

Dengan adanya perubahan grafik mengenai perjalanan kereta api, harga dari tiket kereta pun juga akan mengalami perubahan. Sosialisasi mengenai kebijakan ini sudah dilakukan sejak November lalu. Pihak PT KAI bersama dengan partner resminya berusaha untuk terus melakukan perbaikan dari berbagai segi baik fasilitas maupun pelayanan yang diberikan. Nikmati waktu perjalanan Anda bersama kereta api menjadi lebih mudah bersama online travel agen terbaik dan terpercaya.