Di era yang modern seperti sekarang ini banyak sekali hal hal yang bisa di lakukan secara Online, seperti jual beli, transfer uang, beli tiket, daftar kerja, daftar kuliah dan sekarang membuat SIM bisa dilakukan dengan cara Online, oleh karena itu sekarang membaut SIM bukan lagi perkara yang sulit dan mustahil, polisi sudah menyediakan layanan untuk membuat atau memperpanjang SIM secara Online, hal ini sangat memudahkan masyarakat yang ingin membuat atau memperpanjang SIM, karena melakukan pendaftarannya cukup mudah dan simpel lewat website resmi korlantas, namun sayangnya layanan SIM online ini Cuma berlaku untuk pembuatan dan perpanjang SIM A dan C saja, selain itu harus di lakukan registrasi secara langsung. Dan menurut saya melakuakn pendataran secara online ini sangat menguntungkan loh gaes, gak percaya? Ayo kita buktikan.

Kelebihan atau keunggulan melakukan pembuatan SIM lewat aplikasi SIM Online, pelayanan yang dilakukan secara online ini tentunya mempunyai tujuan untuk memberikan kemudahan kepada masyarakat, ada beberapa kelebihan ketika Anda melakukan pendaftaran SIM secara online, di antaranya:

  1. Pendaftaran bisa di lakukan di mana saja dan juga kapan saja, dengan adanya aplikasi SIM Oline kita tidak perlu lagi datang ke kantor polisi, cukup dengan menggunakan ponsel pintar, komputer atau laptop dan juga koneksi internet kamu dapat melakukan pendaftaran secara online dan langsung mendapatkan jadwal ujian teori dan juga praktiknya.
  2. Tidak perlu antre saat melakukan pendaftaran, biasanya ketika kita ingin daftar untuk membuat Sim kita selalu antre dan juga desak desakan dengan pendaftar lainnya, tapi dengan adanya aplikasi SIM online ini kita tidak perlu lagi antre dan berdesak desakan saat melakukan pendaftaran.
  3. Bisa memilih tanggal kedatangan, walau melakukan pendaftaran secara online kamu tetap harus ke kantor polisi secara langsung untuk ujian teori dan juga ujian praktik, berikut pengambilan SIM-nya, tapi kamu dapat menentukan sendiri waktu kedatangan sesukamu.
  4. Waktu yang lebih Cepat dan akurat, melakukan pendaftaran secara online tentunya dapat memangkas waktu yang di perlukan untuk proses pembuatan SIM, karena kamu tidak perlu menunggu lama oleh antrean paanjang pendafaran.

Nah gaes bener kan kalo melakukan pendaftaran secara online itu lebih menguntungkan, lalu apa sih syarat syarat dalam pembuatan SIM A dan juga SIM C, berikut ini adalah syarat dalam pembutan SIM A dan juga SIM C di antaranya:

  • batas usia atau umur minimal
  • untuk pembuatan SIM A pendaftar mempunyai umur minimal 18 tahun.
  • Dan untuk pembuatan SIM C pendaftar cukup mempunyai umur minimal 17 taahun.
  • Syarat administrasi
  • Telah memiliki kartu tanda penduduk (KTP)
  • Mengisi formulir pendaftaran
  • Sehat secara jasmani dan juga rohani dengan melampirkan bukti keterangan sehat dari dokter
  • Berpakaian rapi (laki laki berkemeja dan celana panjang, bersepatu)
  • Lulus uji teori dan juga praktik

Nnah untuk proses pembutan SIM baru, kamu harus mengikuti alur prosedur yang sudah di tetapkan yaitu: siapkan KTP, membuat surat keterangan sehat, ambil formulir, bayar asuransi, mengisi formulir, ikuti ujian (ujian tertulis dan ujian praktik), tanda tanagn pengambilan sidik jari dan foto, dan terakhir Ambil sim.

Mudah banget kan, ayo buruan buat sim Anda supaya perjalanan Anda lebih nyaman dan aman, semoga bermanfat ya gaes terimakasih. dan jangan lupa juga teman teman cek brand baru land cruiser dari toyota.