Kenali Obat Herbal Terstandar Menurut Para Ahli

  • 2 min read
  • Dec 22, 2020
Obat Herbal Terstandar Menurut Para Ahli

Sekilas Mengenal tentang Obat Tradisional di Indonesia

Jamu merupakan salah satu obat tradisional asli khas dari Inonesia. Bahan dalam pembuatan jamu sendiri berupa bahan tumbuhan, hewan, mineral, serta campuran dari berbagai bahan. Selain dari bahan bahan di atas, ramuan dalam membuat jamu biasanya dari hasilĀ  ekstraksi simplisia yang berasal dari hewan dan tumbuhan. Ramuan dalam pembuatan jamu sendiri telah ada sejak nenek moyang. Pembuatan dan pemakaian jamu secara turun-temurun selalu digunakan sesuai dengan norma yang ada di masyarakat.

Pengertian Obat Herbal Menurut Para Ahli

Pengertian Herbal menurut para ahli yag dikutip dari situs Herb.co.id adalah sebuah tanaman atau tumbuhan yang mempunyai nilai dan manfaat tinggi dalam dunia pengobatan. Menurut para ahli, jenis tanaman yang mengandung bahan atau zat aktif untuk pengobatan termasuk golongan tanaman herbal. Seperti diketahui bahwa masyarakat Indonesia lebih mengenal herbal atau herba dengan sebutkan jamu sebagai salah satu bentuk dari pengobatan alternatif.

Obat Tradisional Terbagi Menjadi Tiga Golongan

Berdasarkan jenisnya, obat tradisional terbagi atas tiga golongan. Dimana setiap golongan memiliki tanda berupa simbol yang tercantum di masing-masing kemasan.

  1. Jamu

Jamu biasanya memiliki tanda simbol berupa gambar pohon berwarna hijau. Bahan dasar dari jamu adalah herbal atau tanaman tradisional. Jamu bisa berbentuk pil, cairan ataupun serbuk seduhan. Khasiat dari jamu bagi tubuh seperti untuk memelihara kesehatan hingga meningkatan stamina.

  1. Obat Herbal Terstandar

Obat herbal ini biasanya memiliki tanda simbol berupa tiga bintang. Kerap kali obat ini dipanggil dengan nama Scientific based herbal medicine. Bahan dasar dari obat herbal terstandar berupa ekstrak bahan alam seperti tanaman obat, binatang, serta mineral. Obat herbal ini memiliki keunggulan yakni telah dibuktikan keamanan ataupun khasiatnya secara ilmiah. Tak hanya itu bahan baku obat herbal terstandar juga telah di standarisasi. Baik standar dalam pembuatan yang terjamin akan higienisnya, sampai telah lulus uji toksisitas akut ataupun kronis.

  1. Fitofarmaka

Fitofarmaka ini biasanya memiliki tanda simbol berupa bunga es atau salju berwarna hijau. Kerap kali obat ini disebut dengan nama Clinical based herbal medicine. Menariknya golongan obat herbal ini telah disejajarkan dengan obat modern. Hal tersebut lantaran dalam proses pembuatan terstandar serta terdapat bukti ilmiah yang telah di uji klinik pada manusia.

Perbedaan Jamu, Obat Herbal Terstandar dan Fitofarmaka

Sebenarnya bahan dari ketiga jenis obat tersebut adalah sama. Namun yang membedakan adalah produk akhir dari ketiga jenis obatnya. Jamu dapat diproduksi jika telah terjamin manfaat dan keamaanan setelah teruji minimal 3 generasi. Sementara jika lolos uji pra klinik, maka jamu tersebut akan menjadi obat herbal terstandar. Namun jika manfaat dan keamanan dari baha herbal telah lolos uji klini dan uji standarisasi lainya. Maka obat herbal tersebut disebut fitofarmaka.

Hal-Hal yang Perlu Diperhatikan Memakai Obat Herbal:

  1. Nama produk obat herbal terpercaya dan sering didengar
  2. Produk obat diproduksi oleh perusahaan yang terpercaya
  3. Dalam kemasaan tercantum jelas nama dan alamat produsen ataupun importir obat herbal
  4. Terdapat nomor pendaftaran dan juga nomor izin edar dari produk herbal
  5. Tercantum kode produksi dan tanggal kedaluwarsa di kemasan
  6. Terlihat jelas netto dan komposisi dari produk herbal
  7. Sebaiknya baca denga teliti terkait informasi manfaat/khasiat
  8. Selain itu baca juga peringatan/perhatian, bagaiman cara penyimpanan, dan cara penggunaan.