Kelola Keuangan Kuliah di Luar Negeri ala digibank

  • 3 min read
  • Dec 19, 2020
Kelola Keuangan Kuliah

Kuliah di luar negeri memang membutuhkan banyak persiapan. Salah satunya adalah persiapan keuangan. Pastikan kamu tahu cara kelola keuangan sebelum kamu tiba di negara tujuan untuk menjaga keuanganmu tetap aman. Tentunya, kamu nggak mau sampai nggak punya uang selama berada di negara orang.

Berikut beberapa tips mengelola keuangan yang akan membantumu selama kuliah di luar negeri.

1. Buat Rencana Anggaran Biaya

Rencana anggaran biaya adalah rencana keuangan yang kamu anggarkan setiap minggu, setiap bulan atau setiap tahunnya. Membuat rencana keuangan membantumu memprediksi berapa banyak uang yang kamu butuhkan.

Dengan membuat perencanaan yang rutin, kamu akan melihat pola kebutuhan yang terus berulang setiap bulannya. Dengan begitu, kamu bisa mencari alternatif untuk mengurangi biaya.

Misalnya saja biaya makan. Kamu bisa memasak sesekali untuk menghemat. Jika memungkinkan, kamu juga bisa mencuci baju sendiri alih-alih menitipkannya ke jasa laundry.

Rencana anggaran biaya ini juga bisa membantu kamu memprediksi kebutuhan jangka panjang seperti biaya tiket pesawat pulang ke tanah air atau anggaran yang kamu perlukan saat kelulusan nanti.

Kamu bisa mulai membuat rencana anggaran biaya dengan membuat semua daftar potensi pemasukan dan pengeluaran. Hal ini penting untuk memastikan pengeluaran kamu tidak lebih besar dari pemasukan.

Hal-hal yang perlu kamu masukan dalam daftar pemasukan adalah beasiswa, uang pemberian keluarga dan pendapatan part-time kalau kamu memutuskan untuk mencari pekerjaan sampingan.

Setelah kamu selesai dengan daftar pemasukan, selanjutnya adalah membuat daftar pengeluaran. Pengeluaran untuk kuliah di luar negeri bisa lebih banyak dari yang kamu bayangkan! Beberapa biaya yang sering dikeluarkan adalah biaya administrasi kuliah, biaya perlengkapan kuliah, tempat tinggal, makan, laundry, transportasi, asuransi, listrik, telepon dan travelling.

Tentunya, pengeluaran tiap orang dan tiap negara akan berbeda-beda. Kamu harus membuat perencanaan anggaran untuk masing-masing biaya yang akan kamu keluarkan. Rencana memang tak selamanya persis dengan kenyataan, tapi paling tidak bisa membantu kamu mengalokasikan anggaran.

Untuk biaya kuliah, mungkin kamu sudah bisa dapat gambaran pasti. Namun, untuk biaya seperti makan, laundry, listrik dan telepon bisa berubah-ubah tergantung kebutuhan. Untuk itu, kamu perlu menetapkan batas maksimal dari masing-masing biaya tersebut sesuai dengan pemasukan yang kamu punya.

Hal ini akan menjaga kamu tetap dalam koridor keuangan. Sekali lagi, pastikan pengeluaranmu tidak melebihi pemasukan ya! Kalau bisa, malah sisihkan pemasukanmu sebagai tabungan dan dana darurat.

Perencanaan ini juga bisa kamu lakukan saat melakukan persiapan kuliah di luar negeri. Jadi, kamu bisa lebih siap saat kamu tiba di negara tujuan!

2. Evaluasi Pemasukan Dan Pengeluaran Tiap Bulan

Setelah kamu memiliki perencanaan keuangan yang matang, selanjutnya adalah terus mengevaluasi keuangan kamu. Evaluasi ini bisa kamu lakukan rutin sebulan sekali. Hal ini berguna untuk mengetahui posisi keuanganmu.

Apakah pengeluaranmu terlalu banyak? Atau justru pemasukanmu terlalu sedikit?

Kalau pengeluaranmu terlalu besar, coba cek lagi biaya-biaya apa saja yang keluar dalam sebulan terakhir. Mungkin dalam bulan itu kamu melakukan travelling dan berbelanja! Tidak ada salahnya mengecek ulang anggaran tiap akhir bulan.

3. Pisahkan Anggaran Khusus Kuliah dengan Anggaran Pribadi

Menggabungkan anggaran kuliah dan anggaran pribadi seringkali menggoda para pelajar. Biaya kuliah untuk semester depan seringkali digunakan untuk memenuhi kebutuhan hari-hari. Untuk menghindari hal tersebut, kamu bisa meminta orang tuamu untuk langsung mentransfer uang kuliah ke pihak kampus.

Digibank menyediakan fitur transfer valas untuk pendidikan di luar negeri yang mempermudah pembayaran uang kuliah. Selain menawarkan biaya transfer gratis ke lebih dari 20 negara dengan 7 mata uangĀ  yaitu AUD, CAD, SGD, USD, HKD, GBP, dan EUR, serta digibank by DBS ini memiliki FX Rate terkini dan juara. Fitur transfer valas yang benar-benar buat kantong irit!

Dengan Aplikasi digibank by DBS, transfer valas tidak lagi perlu ke kantor cabang dan menunggu uang masuk berhari-hari. Namun, cukup dengan beberapa klik, uang pun akan diterima di hari yang sama selama masih dalam batas waktu yang ditentukan.

Sudah siap kelola keuangan kuliahmu saat di luar negeri? Mengelola keuangan tidak sulit, cukup dengan pastikan uangmu selalu tersedia untuk kebutuhan kuliah dan kebutuhan harianmu.