Pesawat menjadi transportasi umum yang banyak dipilih untuk berpergian baik antar kota, antar pulau, dan tentunya juga antar negara. Akan tetapi, karena memberikan waktu perjalanan yang lebih cepat, pesawat tentu membutuhkan biaya lebih mahal dibandingkan dengan transportasi umum lainnya. Meskipun terdapat promo harga tiket yang lebih murah, namun akan jarang untuk ditemukan.

Terutama jika baru pertama atau beberapa kali memilih jalur udara dalam berpergian. Cara yang lebih mudah untuk bisa mendapatkan tiket pesawat dengan harga murah adalah dengan membeli melalui situs internet yang menyediakan jasa jual tiket pesawat. Membeli tiket pesawat yang disebut juga dengan cara online tersebut selain memberikan peluang lebih besar untuk mendapatkan tiket promo juga akan terasa lebih praktis.

Akan tetapi untuk bisa mendapatkan tiket pesawat murah harus mengetahui strateginya terlebih dahulu. Adapun tips-tips untuk bisa memperoleh tiket pesawat murah dapat dilihat pada ulasan-ulasan berikut ini.

Bebas Memilih Waktu Penerbangan

Tips yang pertama untuk dapat memperoleh tiket pesawat murah adalah harus bebas memilih waktu penerbangan. Tips ini mungkin dapat dengan mudah digunakan untuk berlibur di luar waktu musim liburan. Biasanya maskapai penerbangan akan memberikan promo penjualan tiket disaat penerbangan sedang sepi-sepinya.

Sebaliknya, jika pada waktu ramai pelanggan seperti menjelang hari lebaran atau musim liburan, harga tiket akan melonjak dengan harga yang tinggi. Berdasarkan hal tersebut, hari yang tepat untuk membeli tiket secara online adalah pada hari Rabu. Hari sebelum dan setelahnya akan sering dijumpai harga tiket yang lebih mahal karena dekat dengan akhir pekan.

Seperti yang diketahui, akhir pekan merupakan  hari  dimana transportasi umum lebih banyak dibutuhkan, tidak terkecuali transportasi udara. Selain itu, memilih penerbangan yang sepi seperti pada penerbangan pertama atau penerbangan terakhir juga dapat menjadi strategi untuk mendapatkan tiket murah.

Hal tersebut dikarenakan banyak orang yang tidak menginginkan berangkat pada dini hari atau terlalu malam. Bandingkan juga harganya dengan tanggal lain karena bisa jadi harga tiket pada tanggal tertentu sedang sepi-sepinya pelanggan pesawat. Waktu lain yang berpotensi mendapatkan tiket murah adalah pada waktu setelah musim liburan karena kebanyakan orang tentu kembali ke rutinitas sehari-hari sehingga pengguna pesawat juga jarang.

Menjadi Tidak Terlihat

Tidak terlihat dalam hal ini adalah bukan menjadi Invisible Man atau menggunakan jubah menghilang milik Harry Potter. Akan tetapi yang dimaksud dalam hal ini adalah terlalu sering mengecek harga tanpa menghapus riwayat cookie pada browser. Hal ini dikarenakan website yang menjual tiket secara online secara otomatis akan menaikkan harga tiket setiap kali melakukan pengecekan.

Naiknya harga tiket dilakukan untuk mendorong yang melakukan pengecekan harga agar segera membeli tiket pesawatnya. Untuk mengatasi hal tersebut, solusinya adalah dengan menggunakan mode incognito pada browser yang digunakan. Mode ini akan mengaktifkan private browsing sehingga setiap melakukan pengecekan harga tiket tidak akan terdeteksi oleh website terkait.

Cara untuk mengaktifkan mode tersebut adalah dengan menekan command pada layar atau jika menggunakan PC tekan Ctrl, shift, lalu tombol “N” pada keyboard. Cara ini dilakukan untuk pengguna Google Chrome. Sedangkan jika menggunakan Mozilla Firefox dilakukan dengan cara menekan Command, Shift, kemudian tombol “P” pada keyboard.

Setelah diaktifkannya mode incognito maka cookie pada browser akan ter-reset dengan sendirinya setiap membuka jendela baru. Agar lebih efektif lagi, pastikan untuk menutup semua jendela pencarian harga yang masih terbuka sehingga pencarian sebelumnya dapat terhapus. Dengan demikian setiap melakukan pengecekan harga tiket tidak mengalami kenaikan.

Mengikuti Program Frequently Fly

Frequently Fly merupakan program yang diadakan oleh maskapai penerbangan untuk mengukur loyalitas pelanggannya. Program ini memiliki konsep yang sederhana yaitu jika pengguna  maskapai semakin sering menggunakan maskapai terkait atau maskapai lain yang satu aliansi dengannya maka akan menambah poin pengguna.

Poin ini juga disebut sebagai miles dimana jika sudah terakumulasi dengan jumlah tertentu maka akan dapat ditukarkan dengan bonus. Bonus tersebut tentu dapat menguntungkan pengguna seperti upgrade penerbangan atau bahkan juga bisa berupa penerbangan secara cuma-cuma.

Bagi yang sering menggunakan pesawat tentu dapat memanfaatkan layanan ini untuk mendapatkan tiket penerbangan murah. Namun, bonus yang disediakan setiap maskapai berbeda-beda. Ada juga maskapai yang menyediakan bonus berupa counter check in khusus, bonus bagasi, dan lain sebagainya.

Memanfaatkan Kartu Kredit

Kartu kredit juga dapat digunakan untuk mendapatkan tiket murah dengan memanfaatkan layanan yang telah disediakan. Layanan yang berhubungan dengan promo tersebut juga memiliki konsep sama dengen frequently fly. Dalam hal ini pengguna kartu kredit harus melakukan pengumpulan  poin yang dapat ditukarkan dengan diskon tiket.

Memesan Disaat Yang Tepat

Membooking tiket pada waktu jauh-jauh hari tentu akan bisa mendapatkan tiket murah. Sebaliknya, memesan tiket dalam waktu yang sangat dekat akan sangat sulit untuk bisa mendapatkan tiket murah karena pengguna maskapai mau tidak mau harus membeli untuk kebutuhannya. Dalam hal ini, memesan tiket dalam skala domestik dapat dilakukan pada minimal 60 hari sebelum jadwal berangkat.

Sedangkan untuk skala internasional pemesanan tiket dapat dilakukan 150 hari sebelum keberangkatan pesawat. Selain itu, informasi mengenai data pembelian tiket menunjukkan bahwa tiket pesawat dijual lebih murah pada hari Selasa.

Memesan tiket juga sebaiknya dilakukan pada tanggal-tanggal tua yaitu diatas tanggal 20 dimana maskapai lebih  sedikit pelanggan karena merupakan masa-masa krisis yang terjadi pada dompet. Dengan demikian kondisi tersebut dapat dimanfaatkan untuk memperoleh tiket lebih murah.

Memesan Melalui Agen Travel

Memesan tiket secara online untuk mendapatkan harga murah juga dapat dilakukan melalui Agen Travel. Agen Travel yang menyediakan jasa jual tiket pesawat pasti memiliki promo harga tiket murah untuk dapat menarik pengunjung menuju situs resmi serta memesan melaluinya.

Selain itu juga  dikarenakan kemudahan dalam membeli tiket melalui online terutama agen travel membuat setiap hari tidak sepi dalam pemesanan. Dalam hal ini, keuntungan yang diperoleh dari agen travel juga dapat dikembalikan kepada konsumennya melalui potongan harga.

Diantara sekian agen travel juga memiliki mobile-app dimana untuk menarik pelanggan agar menginstalnya, terdapat promo khusus yang hanya disediakan Agen Travel jika memesannya melalui aplikasi tersebut. Aplikasi agen travel juga biasanya dapat memberikan kemudahan dalam mencari tiket murah dengan membandingkan maskapai satu dengan yang lain.

Tidak Ketinggalan Informasi

Harga promo yang ditawarkan oleh maskapai penerbangan merupakan suatu informasi yang disampaikan kepada konsumennya. Harga promo bisa saja dapat diberikan sewaktu-waktu saat banyak kursi yang masih kosong. Hal ini tentu menjadi kesempatan yang tidak boleh disia-siakan untuk mendapatkan tiket murah. Oleh karena itu sebaiknya harus selalu mengikuti informasi mengenai penjualan tiket pesawat.

Berdasarkan hal tersebut, hal yang dapat dilakukan untuk selalu update tentang harga tiket pesawat adalah dengan menjadi member Agen Travel.  Jika memiliki bisnis yang mobile sehingga harus bolak-balik antar dua kota yang cukup jauh juga bisa berlangganan newsletter Agen Travel. Cara lain adalah dengan mengikuti akun media sosial resmi dari Agen Travel sehingga jika terdapat promo tidak sampai terlewatkan.

Itulah beberapa ulasan yang dapat dijadikan pengetahuan dalam mencari tiket pesawat murah secara online. Dengan demikian pengeluaran transportasi akan lebih hemat serta dapat digunakan keperluan penting lainnya.