Jual Daging Sapi Impor Murah se Indonesia

  • 2 min read
  • Jan 07, 2021
Jual Daging Sapi Impor Murah se Indonesia

Kebutuhan masyarakat untuk makanan untuk mencukupi kelengkapan gizi dapat ditemui di tempat jual daging sapi impor murah yang memiliki beragam pilihan jenis dan kelas.

Daging sapi impor sendiri saat ini menjadi salah satu rujukan karena beberapa keunggulan, salah satunya yaitu harga yang cenderung lebih murah, tentu terjangkau untuk kalangan menengah bawah.

Hal yang Harus Diperhatikan Saat Membeli Daging Sapi Impor Murah

Saat akan membeli daging impor baik di pasar maupun supplier, sebaiknya perhatikan beberapa hal penting yang bisa digunakan untuk mendeteksi kualitasnya:

  1. Kemasan dan Kehalalan

Indonesia merupakan salah satu negara yang sebagian besar masyarakatnya beragama Islam, sehingga saat mengkonsumsi makanan tidak boleh sembarangan dan harus berlabel halal.

Saat membeli daging impor sebaiknya perhatikan kemasannya apakah sudah terdapat label halal atau belum. Ini biasanya akan disertai dengan tanggal expired untuk menjamin keamanannya.

Jika belum ada baiknya tanyakan kepada penjaga toko agar tidak terjadi kesalahan, terutama jika berkunjung ke daerah atau negara yang didiami masyarakat non muslim lebih banyak.

  1. Cek Kemasan

Daging segar yang dijual di pasar berasal dari penjagal yang sudah bersertifikat. Alhasil cukup aman untuk dikonsumsi baik muslim maupun non muslim, karena disembelih dengan aturan tertentu.

Sedangkan untuk daging impor Anda bisa memilih dalam bentuk beku atau yang dilayukan. Namun, sebelumnya pastikan tekstur, warna, dan baunya tidak enak untuk memastikan kualitasnya.

Saat membeli daging impor di supermarket atau supplier, sebaiknya perhatikan terlebih dahulu kemasannya apakah sudah terdapat keterangan perizinan dari BPOM atau belum.

  1. Warna Daging

Warna daging yang segar yaitu merah terang, jika Anda menemukan yang sudah pucat berarti terlalu lama terkena udara luar sehingga membuat kualitasnya menurun.

Daging yang berwarna merah kecoklatan dapat menjadi indikasi bahwa sudah terkena oksigen selama lebih dari 30 menit atau dibekukan. Namun kualitasnya masih cukup baik sehingga layak dikonsumsi.

Selain itu, hindari daging yang permukaannya berbintik karena hal tersebut sebagai indikasi bahwa sudah tidak segar. Ini biasanya dapat dilihat dari baunya yang sudah mulai busuk.

Kenapa Daging Sapi Impor Lebih Murah?

Pertanyaan tersebut tentu sering dilontarkan oleh beberapa orang, hal ini biasanya untuk membandingkan kualitas dengan jenis lokal. Berikut ini ulasannya:

  1. Sistem Pemeliharaan Sudah Efisien

Mahalnya daging sapi lokal salah satu penyebabnya adalah belum efisiennya pemeliharaan, mulai dari makananya, perkawinan, perawatan, pembersihan kandang dan sebagainya.

Sedangkan sapi impor kebanyakan dipelihara dengan sistem penggembalaan sehingga nutrisinya terpenuhi serta pemiliknya tidak perlu mencarikan rumput atau pakan tambahan.

Hal inilah salah satu penyebab daging sapi impor lebih murah meski nutrisinya cukup banyak. Namun tetap perhatikan beberapa pertimbangan penting sebelum membelinya misalnya label halal.

  1. Pemotongannya Dilakukan oleh Kelompoknya Sendiri

Pemeliharaan sapi impor kebanyakan dilakukan oleh kelompok, sehingga peralatannya cukup lengkap termasuk alat pemotong, namun tidak perlu khawatir karena tentu sudah memiliki izin resmi.

Efektifnya pengerjaan membuatnya dibanderol dengan harga ekonomis. Selain pakan sapi dirawat dengan baik, salah satunya dimandikan secara berkala jika sudah terlalu kotor.

Beberapa jenis bahkan dilakukan pemijatan untuk membuat dagingnya memiliki kualitas unggul serta sapi menjadi gemuk. Kebersihan kandangnya juga selalu dijaga agar tidak mudah terkena penyakit.

Daging sapi impor murah dapat menjadi solusi untuk masyarakat, baik pemilik usaha maupun yang menyelenggarakan acara seperti pernikahan, aqiqahan, dan masih banyak lainnya.