Jenis Pukulan yang Wajib Diketahui Saat Bermain Tenis Meja

  • 2 min read
  • Aug 21, 2021
Jenis Pukulan Tenis Meja

Begitu banyak jenis olahraga yang bisa dipilih, maka tenis meja adalah rekomendasi yang terbaik. Mengapa? Selain bisa meningkatkan kesehatan dan imunitas, ternyata permainan ini memberi dampak positif bagi mental. Bermain bersama teman atau keluarga adalah hal yang menyenangkan terlebih jika ada satu atau beberapa kejadian yang mengundang tawa. Satu aktifitas yang cukup menghibur bukan?

Meski demikian, tidak ada salahnya juga untuk mengetahui beberapa hal yang berkaitan dengan permainan ping pong yang satu ini. Mulai dari peraturan, ukuran net dan meja, bet yang digunakan hingga jumlah pemain. Dengan demikian, permainan akan bertambah seru apalagi jika dikaitkan dengan kemenangan satu tim.

Di artikel ini sendiri akan dibahas tentang jenis jenis pukulan yang ada dalam permainan ini. Satu hal yang perlu diketahui bahwa setiap pukulan memiliki fungsi serta kegunaannya masing-masing. Apa saja itu?

Pukulan Push

Jenis pukulan yang satu ini disebut dengan slice yaitu satu teknik untuk memukul bola dengan cara mendorong bola itu sendiri. Saat melakukannya, posisi bet dalam keadaan terbuka.

Pukulan Chop

Saat bermain ping pong, maka pukulan yang sering digunakan adalah chop. Adapun jenis pukulan ini dipakai untuk bertahan dari serangan lawan. Yaitu satuu teknik untuk memukul bola yang dilakukan dengan cara seperti menebang pohon dengan menggunakan kapak.

Pukulan drive

Jenis pukulan ini dilakukan untuk mendapatkan poin saat bermain tenis. Drive sendiri adalah salah satu jenis pukulan dengan gaya ayunan terpanjang dari tangan. Hasilnya, pukulan bola akan jauh lebih cepat, mendatar dan keras.

Pukulan block

Selain pukulan chop, maka pukulan block ini juga berguna untuk menahan serangan lawan. Dilakukan pada saat bola sudah dalam keadaan memantul dari meja sehingga lawan tidak bisa memberikan pukulan balik dengan cepat.

Pukulan lob

Adalah teknik memukul bola lambung yang ditujukan ke arah lawan. Jenis pukulan ini sendiri bertujuan untuk membuat lawan menjadi mati langkah. Apalagi, saat lawan melakukan smash.

Spin

Adapun yang dimaksud dengan spin disini adalah teknik memukul bola dengan cara memiringkan bet. Pukulan ini nantinya bisa menggunakan backhand atau bisa juga forehand. Ada tiga jenis pukulan ini seperti slidespin, backspin, dan topspin.,

Smash

Smash adalah salah satu jenis pukulan yang cukup populer di berbagai cabang yang menggunakan raket termasuk tenis meja ini. Dalam permainan ini sendiri smash dilakukan dengan cara memukul bola dengan keras dan cukup tajam.

Demikianlah beberapa jenis pukulan yang digunakan selama dalam permainan ping pong. Anda bisa melatihnya satu persatu guna mendapatkan jenis pukulan apa yang cocok dengan karakter Anda. Dan untuk mendapatkannya mau tidak mau Anda harus berlatih sesering mungkin. Dan jangan lupa, pilihlah bet yang sesuai dengan kebutuhan permainan yang nantinya akan dimainkan.

Ada banyak jenis bet yang ada dipasaran sehingga sangat memudahkan Anda untuk memilih. Apakah sesuai dengan kebutuhan atau harga atau malah keduanya. Pemilihan bet ini sendiri sangat berpengaruh pada kualitas pukulan yang Anda lakukan nantinya. Pilihlah bet yang menggunakan karet cukup lembut dan memiliki kekuatan speed yang cukup tinggi. Begitu juga dengan handle yang menggunakan bahan anti slip sehingga saat melakukan pukulan keras bet tidak akan jatuh.

Tertarik untuk bermain? Segera gunakan peralatan yang terbaik dan pelajari satu persatu teknik pukulan yang biasa dilakukan saat bermain tenis meja.