Inilah Kurikulum Merdeka yang Harus Kamu Ketahui

  • PostShare
  • Dec 18, 2022

Kementerian Pendidikan Kebudayaan Riset dan Teknologi telah mengeluarkan kebijakan Merdeka Belajar Episode 15 yaitu Kurikulum Merdeka dan Platform Merdeka Mengajar pada 11 Februari 2022.  Kurikulum merdeka adalah opsi untuk satuan Pendidikan dalam rangka pemulihan pembelajaran tahun. 2022 s.d. 2024. Satuan pendidikan sudah bisa melakukan pendaftaran untuk mencoba mengimplementasikan Kurikulum Merdeka.

Kurikulum Merdeka merupakan kurikulum dengan pembelajaran intrakurikuler yang beragam di mana konten akan lebih optimal agar peserta didik memiliki cukup waktu untuk mendalami konsep dan menguatkan kompetensi. Dalam proses pembelajaran guru memiliki keleluasaan untuk memilih berbagai perangkat ajar sehingga pembelajaran dapat disesuaikan dengan kebutuhan belajar dan minat peserta didik. Di dalam kurikulum ini terdapat projek untuk menguatkan pencapaian profil pelajar Pancasila. Dimana dikembangkan berdasarkan tema tertentu yang ditetapkan oleh pemerintah.

Sampai dengan tulisan ini dibuat sebanyak 280 Satuan Pendidikan di Provinsi Papua Barat telah mendaftar secara mandiri implementasi kurikulum merdeka dengan rincian sebanyak 125 memilih mandiri belajar, 143 mandiri berubah dan 12 mandiri berbagi. Satuan pendidikan ini mendaftar telah mendaftar melalui laman https://kurikulum.gtk.kemdikbud.go.id/  . Bagi satuan pendidikan yang belum mendaftar sebaiknya menganl dulu 3 opsi dalam implementasi kurikulum merdeka.

Ada tiga pilihan implementasi Kurikulum Merdeka Jalur Mandiri yang bisa diaplikasikan, yakni Mandiri Belajar, Mandiri Berubah, dan Mandiri Berbagi. Berikut penjelasan dari masing-masing pilihan:

1. Mandiri Belajar

Pilihan Mandiri Belajar memberikan kebebasan kepada satuan pendidikan saat menerapkan Kurikulum Merdeka beberapa bagian dan prinsip Kurikulum Merdeka, tanpa mengganti kurikulum satuan pendidikan yang sedang diterapkan pada satuan pendidikan PAUD, kelas 1, 4, 7 dan 10.

2. Mandiri Berubah 

Mandiri Berubah memberikan keleluasaan kepada satuan pendidikan saat menerapkan Kurikulum Merdeka dengan menggunakan perangkat ajar yang sudah disediakan pada satuan pendidikan PAUD, kelas 1, 4, 7 dan 10.

3. Mandiri Berbagi

Pilihan Mandiri Berbagi akan memberikan keleluasaan kepada satuan pendidikan dalam menerapkan Kurikulum Merdeka dengan mengembangkan sendiri berbagai perangkat ajar pada satuan pendidikan PAUD, kelas 1, 4, 7 dan 10.

Tujuan akhir dari pendidikan bagi peserta didik di setiap jenjangnya yaitu pemenuhan tiga indikator yaitu atas pengetahuan, keterampilan dan sikap yaitu pembentukan karakter profil Pancasila yang beriman dan bertakwa terhadap Tuhan Yang Maha Esa dan berakhlak mulia, mandiri, bernalar kritis, berkebhinekaan global, bergotong royong dan kreatif dan peningkatan literasi, numerasi  bagi jenjang  dasar dan  jenjang menengah yaitu pengetahuan untuk meningkatkan kompetensi peserta didik agar dapat hidup mandiri dan mengikuti Pendidikan lebih lanjut dapat tercapai.

Setiap anak adalah unik. Mereka memiliki kompetensi, ciri khas dan karakternya masing-masing. Karenanya konsep pendidikan konvensional dan monoton yang memberlakukan model pembelajaran dan asesmen yang homogen untuk semua siswa tidak sejalan dengan eksistensi setiap manusia yang memiliki tipe kecerdasan yang berbeda-beda.

Pemetaan awal, materi yang lebih sederhana namun substansi dan mendalam, metode pembelajaran yang inovatif, kreatif dan menyenangkan serta menggunakan pendekatan differensiasi dilengkapi dengan metode asesmen formatif dan sumatif sebagaimana spirit Kurikulum Merdeka diharapkan  mampu diimplementasikan satuan pendidikan sehingga dapat merancang pembelajaran sesuai dengan tahapan capaian peserta didik dan memaksimalkan setiap kompetensi sehingga sikap, keterampilan dan pengetahuannya dapat berkembang masing-masing secara optimal. Nah, untuk kamu yang lagi cari Map Raport Murah Langsung saja kunjungi webnya untuk info yang lebih lanjut di Jayamap.co.id.