Hal Apa Saja yang Perlu Dilakukan Saat Pengelasan

  • 2 min read
  • Sep 14, 2021
Pengelasan

Teknik pengelasan adalah salah satu teknik penyambungan logam yang memiliki kekuatan lebih maksimal dibandingkan dengan metode lainnya. Adapun proses penyambungan logam dengan cara mengelas tidak bisa dilakukan jika menggunakan teknik mengelas secara sembarangan karena hasilnya sudah pasti jauh dari sempurna bahkan kekuatannya pun masih diragukan.

Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan untuk membuat kualitas pengelasan menjadi baik dan salah satunya adalah persiapan. Adapun faktor ini sangatlah penting agar hasilnya bagus. Termasuk,  bisa mendapatkan kekuatan sambungan yang sesuai dengan standar yang diinginkan. Berikut ini beberapa tahapan-tahapan yang memang harus dilakukan sebelum mengelas.

Persiapan Pengelasan

Membersihkan Area

Salah satu persiapan yang harus dilakukan adalah membersihkan material yang akan dilas seperti bebas dari karat, oli, air, minyak dan lainnya. Jika perlu gunakan teknik penggerindaan untuk bagian permukaan material yang akan dilas karena hal ini akan mempermudah Anda saat melakukan pemanasan. Kemudian persiapan yang kedua adalah pembuatan grove di mana material ini lebih digunakan saat menginginkan hasil las memiliki ketebalan lebih dari 5mm

Kawat Las atau Elektroda

Persiapan yang kedua adalah pemilihan jenis elektroda yang harus disesuaikan dengan kekuatan yang diinginkan. Pastikan Anda memiliki kekuatan tarik elektroda tidak sampai dibawah minimum dari kekuatan tarik yang diinginkan. Sebelum menggunakan elektroda maka pastikan kondisinya harus kering atau tidak lembab. Jika Anda kurang memahaminya bisa membaca melalui petunjuk pemakaian dari kemasan. Satu hal yang perlu diketahui bahwa elektroda jenis hidrogen ini disarankan untuk dilakukan pengeringan dengan menggunakan suhu tertentu. Dan jangan lupa selaput elektroda tidak dalam keadaan terkelupas karena bisa menyebabkan cacat las saat melakukan pengelasan

Mesin Las

Persiapan yang ketiga adalah memastikan kalibrasi dari mesin las yang digunakan. Untuk yang satu ini memang harus dilakukan secara berkala karena jika tidak dilakukan secara cara teratur maka bisa saja arus yang keluar tidak sesuai dengan yang diinginkan. Kemudian jangan lupa menggunakan jenis polaritas yang sesuai dengan kebutuhan. Adapun peranan dari polaritas ini sendiri bisa mempengaruhi hasil penetrasi atau penembusan.

Kemudian jangan lupa setting arus atau mengatur arus harus sesuai dengan kebutuhan karena masing-masing tukang las biasanya memiliki pengukuran yang berbeda-beda. Biasanya setiap tukang las itu memiliki karakteristik masing-masing seperti tinggi busur,  kecepatan las, jenis ayunan serta teknik yang digunakan

Alat Pelindung Diri

Persiapan selanjutnya adalah menggunakan alat pelindung diri dengan lengkap karena proses pengelasan itu sendiri memiliki risiko atau bahaya yang mungkin terjadi. Adapun bahaya yang bisa saja terjadi seperti tersengat aliran listrik kemudian panas. Kejatuhan benda kerja hingga cahaya tampak putih. Bahkan sinar ultraviolet serta asap las mengandung serbuk besi serta bahan kimia bisa mempengaruhi kesehatan Anda.

Apa saja kriteria dari hasil lasan yang bagus?

Setelah melakukan berbagai persiapan di atas maka ada satu hal yang tidak bisa diabaikan yaitu bagaimana kualitas hasil dari las tersebut. Yang pasti tingginya tidak melebihi dari 3 mm kemudian tidak terdapat cacat las pada permukaan.

Satu hal yang perlu diketahui bahwa mengelas adalah kemampuan yang memang harus dilatih secara berulang dan berkelanjutan. Karena biasanya jika Anda sudah bisa mengelas kemudian berhenti dalam waktu lama maka kemungkinan besar hasil lasannya kurang bagus. Untuk itu mau tidak mau Anda harus melakukan atau mengikuti berbagai latihan untuk mendapatkan kualitas hasil lasan yang bagus.