Deretan Fakta Menarik Sandy Walsh yang Jarang Diketahui

  • PostShare
  • Mar 25, 2024
Sandy Walsh

Sandy Walsh merupakan salah satu pemain keturunan Belgia yang sukses dinaturalisasi untuk memperkuat tim nasional Indonesia di bawah asuhan Shin Tae-yong.

Pada dasarnya, ia memang sudah berminat untuk bergabung dengan skuat Garuda sejak lama. Namun, kedatangannya ke timnas Indonesia terbilang lambat akibat proses naturalisasi yang berliku-liku.

Nah, buat kamu yang penasaran dengan sosok Sandy Walsh, berikut dibawah ini ada beberapa faktanya yang menarik untuk dibahas.

1. Silsilah Sandy Walsh

Sandy Walsh lahir di kota Brussels, Belgia pada 14 Maret 1995 yang saat ini usianya menginjak 27 tahun. Kabarnya, ia adalah anak dari pasangan Brigitta Portier dan Gary Walsh.

Brigitta Portier lahir dari orangtua asli Indonesia, dimana kakeknya berasal dari Surabaya sedangkan neneknya berasal dari Purworejo.

Disisi lain, sang ayah yakni Gary Walsh berasal dari Republik Irlandia.

2. Alumni Akademi KRC Genk

Memang tidak bisa dipungkiri lagi, bahwa KRC Genk merupakan salah satu akademi di Belgia yang kerap melahirkan pemain-pemain berbakat.

Sebut saja beberapa pemain besar yang pernah menimba ilmu di KRC Genk, seperti Kalidou Koulibaly (Napoli), Kevin De Bruyne (Manchester City), Yannick Carrasco (Atletico Madrid), hingga Leon Bailey (Aston Villa).

Usut punya usut, ternyata Sandy Walsh juga adalah jebolan dari akademi KRC Genk.

3. Sempat Membela Timnas Belanda

Meski lahir di Belgia, ternyata Sandy Walsh juga memiliki garis keturunan Belanda. Sehingga tak heran jika ia sempat membela timnas Belanda U-15 sampai U-20.

Bahkan, Sandy Walsh pernah memberikan gelar juara Eropa U-17 di tahun 2012. Namun sayang, ia tak banyak bermain dan hanya menjadi pemanas bangku cadangan saja.

4. Nomor 5 Adalah Angka Keberuntungannya

Hampir semua pemain sepakbola mempunya nomor favorit atau nomor keberentungannya. Begitu pun dengan Sandy Walsh yang juga memiliki nomor keberuntungannya, yakni nomor 5.

Ketika bermain di klub KV Mechelen, ia pun begitu bangga saat mengenakan kostum nomor 5. Hal itu bukan tanpa alasan, karena angka 5 menjadi nomor keburuntungan baginya.

Bahkan, Sandy Walsh juga ingin memakai nomor punggung 5 saat membela timnas Indonesia nanti.

 “Jika saya bisa dapat nomor 5, dengan senang hati saya terima. Itu adalah nomor keberuntungan saya,” ujar Sandy Walsh.

5. Pemain yang Serbabisa

Posisi Sandy Walsh yang sebenarnya berperan sebagai bek kanan. Meski demikian, ia juga mampu mengisi pos sebagai bek kiri.

Bahkan yang lebih hebatnya lagi, Sandy Walsh sanggup mengisi berbagai pos seperti bek tengah hingga sayap tengah kanan.

Melihat kemampuannya yang serbabisa, maka wajar saja jika Sandy Walsh menjadi salah satu pemain keturunan yang direkomendasikan untuk memperkuat tim nasional Indonesia.

Dalam skuat Garuda, posisi bek kanan sudah diisi oleh Asnawi Mangkualam dan tidak akan pernah tergantikan.

Sehingga kehadiran Sandy Walsh sebagai bek kiri diharapkan dapat memperkokoh pertahanan timnas Indonesia bersama Asnawi.

6. Mulai Belajar Bahasa Indonesia

Mengetahui dirinya berpeluang besar untuk memperkuat timnas Indonesia, Sandy Walsh pun mulai mempelajari bahasa Indonesia sejak enam bulan terakhir.

Hal tersebut diungkapkan ketika dirinya diwawancari oleh media Belgia, yakni GVA. Dengan mempelajari bahasa Indonesia, Sandy Walsh berharap agar dirinya bisa menjalin komunikasi secara maksimal bersama skuat Garuda. Nah, itu dia deretan fakta menarik dari sosok Sandy Walsh. Ayo terus beri dukunganmu untuk setiap laga timnas Indonesia.