Penggunaan data adalah berapa banyak bandwidth internet termasuk mengunggah atau mengunduh diperlukan menggunakan data seluler (dan bukan Wifi). Data seluler internet selalu lebih mahal daripada jenis Internet lainnya.

Untuk memastikan bahwa kami tidak menggunakan terlalu banyak data dalam paket data kami, kami perlu menyesuaikan pengaturan untuk mengurangi penggunaan data di Android. Pada artikel ini, kita akan membahas beberapa cara tentang bagaimana kita dapat mengelola dan mengurangi penggunaan data ketika ponsel kita menggunakan koneksi data seluler.

Batasi Penggunaan Data Latar Belakang

Membatasi data latar belakang berarti menghentikan aplikasi dan pemberitahuan lain yang Anda tidak ingin telepon Anda gunakan ketika Anda menggunakan jaringan data seluler. Misalnya, jika Anda ingin mencari sesuatu dari browser Anda tetapi tidak ingin membuang data di aplikasi lain seperti Facebook atau Gmail yang berjalan di latar belakang dan selalu siap mengirimi Anda pemberitahuan, batasi saja data latar belakang dan aplikasi Anda. Hanya izinkan browser Anda menggunakan Internet dari data seluler. Semua aplikasi latar belakang lainnya tidak akan dapat menggunakan data internet seluler.

Tetapkan Batas Penggunaan untuk mengurangi penggunaan data di Android

Menetapkan batas data pada ponsel Anda juga membantu Anda mengurangi penggunaan data. Ini akan mengingatkan Anda ketika Anda telah menggunakan lebih banyak data dari batas Anda. Anda dapat mengatur batas bulanan Anda dan itu akan mengingatkan Anda ketika batas itu berakhir.

Bagaimana Cara untuk Mengelola dan Mengurangi Penggunaan Data ?

Anda juga dapat mengatur pengingat harian yang memberi tahu Anda tentang penggunaan data harian Anda. Ini juga memberi tahu Anda aplikasi mana yang paling banyak menggunakan data dan karena itu Anda bisa menggunakan aplikasi itu lebih sedikit untuk mengurangi penggunaan data. Untuk informasi lebih lengkapnya kunjungi kuotabro.com.

Batasi Aplikasi dari Mengakses Internet

Beberapa aplikasi memiliki opsi untuk membuat perubahan pada unduhan atau pembaruan. Ini memungkinkan opsi untuk memperbarui atau mengunduh data secara otomatis melalui Wi-Fi atau data. Jadi untuk menghemat penggunaan data, batasi saja untuk mengunduh melalui jaringan data. Buka pengaturan aplikasi dan pilih unduhan hanya melalui Wi-Fi dan Anda akan baik-baik saja.

Misalnya google play store biasanya mulai memperbarui aplikasi secara otomatis melalui jaringan apa pun. Untuk mengizinkan pembaruan otomatis hanya ketika terhubung ke Wi-Fi, cukup buka Pengaturan Play Store -> Aplikasi pembaruan otomatis -> Pembaruan otomatis hanya melalui Wi-Fi. Di sana Anda sekarang hanya akan memperbarui aplikasi ketika terhubung ke Wi-Fi.

Beralih dari 4G ke 3G atau 2G

Untuk mengurangi penggunaan data, Anda juga dapat beralih dari jaringan 4G ke 2G menggunakan slot sim yang sama. Jika Anda tidak ingin akses internet cepat, yaitu jika Anda tidak perlu menonton video atau menggunakan Facebook, peretasan bermanfaat karena internet lambat dapat diterima dalam kondisi ini.

Apa yang harus dilakukan ketika tidak ada yang berhasil?

Dalam keadaan normal, trik yang disebutkan di atas pasti akan berhasil tetapi ada situasi di mana kami memiliki paket data seluler yang sangat terbatas dan kami ingin menggunakannya dengan bijak dan cerdas. Dalam hal ini, saya biasanya mematikan penggunaan data, menerapkan semua trik di atas dan menghidupkan data hanya ketika saya ingin mengakses Internet.