Cara Tepat Mengatasi Hardisk Eksternal Sulit Terbaca

  • 2 min read
  • Mar 20, 2020
Hardisk Eksternal

Dalam sebuah perangkat komputer terdapat satu komponen perangkat keras yang sangat penting perannya. Hardisk merupakan suatu komponen perangkat keras (hardware) yang berfungsi sebagai media penyimpanan. Hardisk ini memiliki dua jenis yakni hardisk internal dan eksternal.

Hardisk eskternal menjadi penting keberadaannya terlebih jika Anda memiliki file yang jumlahnya sangat besar. Dalam penggunaannya, seringkali hardisk eksternal ini sulit sekali terbaca yang membuat file didalamnya sulit untuk bisa diakses.  Lantas bagaimana cara mengatasinya? Berikut ini ulasan selengkapnya.

  1. Reinstall Driver Hardisk

Mengatasi hardisk eksternal yang sulit terbaca sebenarnya susah-susah gampang. Meski begitu, asalkan komponen hardisk masih baik masih ada cara untuk mengembalikan fungsinya seperti semula. Cara pertama untuk mengatasinya adalah dengan mereinstall driver hardisk. Pada dasarnya ketika sebuah hardisk tersambung maka otomatis Windows akan melakukan install driver namun, ada pula yang tidak bisa menginstall driver.

Dalam kondisi demikian cara yang bisa dilakukan adalah dengan klik kanan Computer – properties- Device manager- USB Attached SCSI Mass Storage device- Update Driver Software- Browse My Computer for Driver Software- Let Me Pick From A List Of Device Drivers On My Computer- Show Compatible Hardware, pastikan USB Attached SCSI tercentang- Next. Setelah instal selesai Anda bisa merestart komputer untuk kemudian hardisk disambung kembali.

  1. Atur Ulang Pengaturan Disk Management

Cara kedua untuk mengatasi hardisk yang sulit terbaca selanjutnya adalah dengan mengatur ulang pengaturan Disk Management. Caranya adalah pada kolom Search Windows ketika Disk Management- jika ada klik kanan Drivenya- Delete Volume- Klik kanan hasil format- New Simple Volume- ikuti petunjuk lengkapnya sesuai arahan, untuk format yang muncul pilih FAT32. Cara kedua ini cukup berisiko tinggi yakni bisa jadi Anda akan kehilangan data yang tersimpan di hardisk. Sehingga pertimbangkan matang-matang sebelum melakukan cara kedua ini.

  1. Ganti Letter yang ada pada Hardisk

Anda bisa langsung mencobanya ketika hardisk Anda terdeteksi oleh Windows maka otomatis akan muncul sebuah letter atau huruf misal G, C, dan lain sebagainya. Kasusnya jika letter tersebut tidak muncul maka hardisk pun menjadi tidak bisa terdeteksi. Cara mengatasinya adalah sebagai berikut, ketik Disk Management pada kolom Search Windows- Drive Hardisk Eksternal- Change Drive Letter anda Path- Add atau Change- ikuti arahan petunjuk sampai selesai. Jika prosesnya berhasil biasanya hardisk akan terbaca seperti sebelumnya.

  1. Dengan memindah Port USB

Baik komputer atau laptop pasti dilengkapi dengan lebih dari satu port. Ketika hardisk eksternal Anda sulit terbaca cara mudah untuk mengatasinya adalah dengan memindah port USB. Pindah lah port USB tersebut hingga hardisk Anda terbaca. Cara keempat ini dianggap cara yang paling mudah dan umum dilakukan tentunya lebih cepat.

Itulah keempat cara mudah untuk mengatasi hardisk eksternal yang sulit terbaca. Bagi Anda yang ingin membeli hardisk merk apapun atau komponen komputer lainnya Anda bisa membelinya di JD.ID. Tak perlu meragukan lagi kualitasnya, dijamin hardisk eksternal yang dijual di JD.ID original dengan harga yang sangat terjangkau.

JD.ID tetap memberikan kemudahan bagi konsumennya terlebih banyak promo diskon yang ditawarkan JD.ID secara berkala. Ini akan semakin menarik lantaran di JD.ID juga memberlakukan gratis ongkir tanpa ada minimal pembelian. Dijamin aktivitas belanja Anda takkan menguras isi dompet. Promo diskon ini semakin besar tatkala ada momen-momen tertentu seperti hari raya. Tertarik untuk membeli? Jangan lupa belanjanya hanya di JD.ID.