Cara Rehablitasi Narkoba Sendiri dengan Mudah

  • 2 min read
  • Sep 14, 2021

Cara Rehablitasi narkoba sendiri merupakan sebuah bukti bahwa masalah seperti masih bisa ditangani secara mandiri. Namun tentunya tergantung oada tingkatan atau level candu dari narkoba. Pasalnya. Dalam beberapa kasus sulit untuk memulihkannya tanpa rehabilitasi.

Beberapa Cara Rehablitasi Narkoba Sendiri

Pada kasus tertentu, untuk bisa berhenti atau pulih dari candu narkoba dapat dilakukan secara mandiri tanpa Rehabiltasi. Hal tersebut tergantung dengan pecandu tersebut seberapa besar keinginannya agar lepas dari ketergantungan. Berikut beberapa caranya.

  1. Bulatkan Niat Untuk Berhenti

Hal yang paling penting sebelum memulai proses Rehablitasi baik secara mandiri ataupun tidak, tentu niat untuk berhenti. Pasalnya, dalam beberapa kasus meskipun sudah menjalani Rehablitasi tak membuat pasien benar-benar stop. Penyebabnya ada pada niat awal.

Oleh karena itu, agar semua proses pemulihan bisa berjalan secara baik dan lancar, awali dengan niat dari diri sendiri. Hal ini menjadi pendorong utama untuk dapat terlepas dari ketergantungan narkotika. Setelah itu barulah memulai tahapan Rehablitasi mandiri.

  1. Melakukan Konsultasi

Meskipun rehabilitasi bersifat mandiri atau dilakukan sendiri, tentu perlu melakukan konsultasi terlebih dahulu. Tujuannya adalah supaya proses berlangsungnya pemulihan tidak menjadi sia-sia. Temui para dokter yang ahli dalam menangani masalah seperti ini dan mintai saran.

Nantinya dokter akan memberikan tahapan apa saja yang harus dilakukan. Karena, rehabilitasi baik mandiri ataupun tidak membutuhkan arahan yang tepat. Terutama dalam hal obat detoksifikasi guna mengatasi masalah ketergantungan.

  1. Hindari Faktor Pemicu Penggunaan Narkoba

Maksud dari faktor pemicu adalah hal-hal yang membuat Anda menjadi ingin konsumsi narkoba lagi. Tentu ada banyak penyebabnya dan salah satunya ialah lingkungan. Jadi, usahakan sebisa mungkin agar menghindarinya supaya tidak kembali konsumsi narkoba.

Selain itu, faktor pemicu lainnya ialah kondisi mental. Upayakan agar Anda memiliki kesibukan yanh bersifat positif guna mengalihkan perhatian. Mulailah mengatur aktivitas supaya lebih produktif dan terhindar dari berbagai macam pengaruh kesehatan mental seperti rasa stres.

Beberapa Faktor yang Memengaruhi Penggunaan Narkoba

Selain memahami cara Rehabiltasi narkoba sendiri, ketahui juga mengenai faktor yang memengaruhi situasi tersebut. Hal ini dikarenakan bisa saja membuat orang kembali terjerumus ke dalam narkotika. Berikut beberapa faktor diantarnya.

  1. Faktor Lingkungan

Perlu diketahui bahwa lingkungan memiliki peran yang bisa dikatakan cukup besar dalam memengaruhi seseorang. Tentu tak terkecuali mengenai konsumsi narkoba dimana lingkungannya pun mendukung. Jadi hal ini menjadi fokus utama yang mesti dipikirkan.

Jika Anda merasakan hal yang sama dimana menggunakan narkoba akibat lingkungan, maka segera ambil langkah untuk menghindar. Sebab, meskipun sidah berhasil melakukan metode pemulihan mandiri, itu akan sia-sia. Jadi, mulailah menyeleksi lingkungan tempat dan sekitar.

  1. Faktor Psikologis

Alasan lain seseorang terjerumus dan mengonsumsi narkoba dipengaruhi oleh masalah psikologis. Mulai dari merasa stres, depresi, cemas berlebih dan lainnya menjadi faktor yang sangat berpengaruh. Oleh karena itu, usahakan Anda mampu mengendalikannya.

Untuk bisa mengendalikannya tentu ada banyak cara. Jika sudah dalam kondisi seperti itu cobalah agar berkonsultasi ke psikiater. Namun apabila ingin menghindarinya, disarankan agar memiliki aktivitas yang bersifat positif. Tujuannya guna mengalihkan fokus dari narkoba.

Itulah tadi pembahasan mengenai beberapa cara rehabilitasi narkoba sendiri. Selain itu, ketahui juga tentang apa saja yang dapat memengaruhi keinginan konsumsi narkoba. Kalau sudah tahu, maka usahakan agar menjauhi atau menghindarinya demi kebaikan Anda.