Cara Memilih Jasa Kontraktor Terpercaya

  • PostShare
  • Apr 11, 2022

Saat mencari kontraktor untuk mengerjakan proyek renovasi atau pembangunan rumah, kebanyakan orang umumnya akan memilih cara yang praktis: meminta referensi dari orang sekitar atau mencari melalui situs pencarian online.

Padahal, ada banyak faktor lain yang harus dipertimbangkan sebelum menentukan pilihan. Dan agar Anda tidak menyesali pekerjaan jasa kontraktor yang Anda percayakan untuk mengerjakan proyek renovasi atau konstruksi rumah Anda, simak lima tips berikut ini.

Bagaimana Cara Memilih Jasa Kontraktor Terpercaya?

Memiliki Legalitas yang Jelas.

Cari informasi sebanyak mungkin tentang kontraktor yang ingin Anda gunakan. Kontraktor yang berkualitas biasanya mempunyai kantor atau website yang dapat Anda kunjungi. Cari tahu badan usaha yang mereka punya, beserta izin usaha yang masih berlaku.

Kontraktor yang berkualitas biasanya juga menawarkan jasa konsultasi dan mempunyai customer service yang sangat memuaskan. Dengan demikian, pertanyaan atau keluhan Anda dapat ditanggapi dengan cepat.

Berpengalaman dengan Kualitas Kerja.

Setelah mengetahui legalitas perusahaan, ketahuilah proyek yang pernah mereka kerjakan sebelumnya. Kemudian cari tahu hasil karyanya dengan mengunjungi langsung proyek-proyek yang pernah dikerjakannya.

Anda bisa melihat kualitas pekerjaan kontraktor mulai dari pemasangan lantai keramik, aplikasi cat tembok, hingga pemasangan pintu dan jendela. Jika ingin informasi lebih lengkap, Anda juga bisa bertanya kepada klien kontraktor. Semakin banyak klien yang memberikan rekomendasi positif, semakin baik kualitasnya.

Tawarkan Harga yang Tepat

Untuk mengetahui harga yang tepat, Anda perlu melakukan survei harga pasar di kota Anda terlebih dahulu. Tidak perlu memilih jasa kontraktor yang mahal, tetapi hindari juga memilih kontraktor dengan penawaran harga yang sangat murah karena takut mengurangi kualitas atau durasi pekerjaan.

Pilih kontraktor dengan penawaran harga yang wajar dan disusun dalam rencana anggaran dan biaya (RAB) yang jelas. Dengan begitu Anda bisa berdiskusi dengan pihak kontraktor rincian biayanya sehingga bisa disesuaikan.

Memberikan Garansi

Jasa kontraktor yang baik perlu memberikan jaminan akan hasil pekerjaannya. Tanyakan kepada kontraktor apakah mereka setuju jika ada kerusakan pada bangunan, seperti atap bocor atau talang air.

Menurut banyak contoh kasus, atap adalah yang paling sulit dijangkau pada pemeriksaan akhir. Pengecekan kebocoran tentunya tidak bisa dilakukan saat musim kemarau. Untuk itu jaminan menjadi sangat penting untuk disepakati bersama.

Memeriksa hasil kerja dan proses kerja.

Anda dapat memantau rekam jejak kontraktor yang ingin Anda gunakan melalui web, ini dapat memberikan informasi kepada Anda tentang tingkat profesionalisme, budaya, dan etos kerja mereka. Review dari customer, saat memilih anda juga bisa mengajukan pertanyaan kepada kontraktor agar tidak salah pilih.

Hati-hati dalam melihat detail harga yang dipatok

Saat menggunakan jasa kontraktor, tentunya Anda harus mengetahui harga yang ditawarkan untuk sebuah bangunan. Anda harus memperhatikan cara kerja kontraktor dengan harga yang ditawarkan untuk bangunan Anda.

Hal ini agar Anda tetap bisa mengawasi proyek yang ingin Anda kerjakan meskipun sudah percaya penuh kepada orang lain.

Membuat Surat Perjanjian Kerja (SPK)

Untuk mencegah penipuan atau kesalahpahaman, sebaiknya Anda juga membuat Surat Perjanjian Kerja (SPK). Menjelaskan rincian jumlah jam kerja dan tarif harga yang disepakati kedua belah pihak dalam SPK yang dibubuhi materai Rp. 6.000.

SPK ini harus dibuat dalam rangkap dua, satu untuk Anda sebagai klien, dan satu untuk kontraktor. Surat perjanjian ini juga mencegah lambatnya proses dan melewati batas waktu perjanjian.