Cara Membuat Tabel di Microsoft Word 2013

  • 2 min read
  • Feb 15, 2021
Cara Membuat Tabel di Microsoft Word 2013

Tabel merupakan sebuah susunan data yang terbentuk dalam baris dan kolom. Penyajian data dalam bentuk tabel ini sangat membantu para pembaca karena dinilai lebih mudah untuk pahami daripada sekedar tulisan biasa. Tabel ini banyak digunakan dalam berbagai hal seperti penyajian data penelitian dan analisis data. Adakalanya tabel dibentuk dengan struktur yang kompleks, namun tak sedikit juga tabel yang buat seadanya. Untuk menyusun tabel dengan bagus kalian bisa menggunakan berbagai layanan aplikasi pembuat tabel yang ada. Contoh simpelnya adalah melalui Microsoft exel, Spreadsheet, bahkan kalian juga dapat membuat tabel melalui Microsoft Word loh..!

Sebelum membahas mengenai cara membuat tabel melalui Microsoft Word, alangkah lebih baik jika kalian mengenal terlebih dahulu apa itu Microsoft Word. Microsoft Office (Ms) Word atau yang familiar dengan Microsoft word ini merupakan perangkat lunak yang dibuat Microsoft untuk mempermudah pengolahan kata. Perangkat lunak ini banyak digunakan oleh karyawan maupun mahasiswa dalam mengerjakan tugas-tugas kantor dan perkuliahan. Dalam mengerjakan tugas dan laporan tersebut tentunya tidak hanya sebatas pengolahan kata saja, terkadang juga membutuhkan tabel untuk pemaparan data tertentu. Lantas bagaimana cara membuat tabel di Microsoft Word..?  Berikut adalah cara membuat tabel di Microsoft Word versi 2013 yang dapat kalian praktikan.

  • Pertama, buka aplikasi Microsoft Word 2013 kalian. , jika kalian sudah membukanya kemudian pilih letak dimana tabel yang kalian ingin buat.
  • Kedua, pilih tab insert. Lalu klik “Table”.
  • Ketiga, kelian dapat memilih berapa baris dan kolom yang kalian inginkan, maka otomatis tabel langsung muncul di lembar kerja kalian.
  • Keempat, apabila kalian menginginkan kolom dan baris dalam jumlah yang banyak makas setelah menekan ikon tabel kemudian dilanjutkan dengan menekan insert tabel yang berisikan kotak dialog insert tabel.
  • Page number of olumns, berfungsi untuk menentukan  banyak kolom yang kalian inginkan.
  • Number of rows, berfungsi untuk menentukan banyak baris yang diinginkan.

Lantas bagaimana jika kita ingin menyisipkan baris atau kolom pada tabel yang sudah kita buat. Berikut ada sedikit penjelasan dari kami yang dapat kalian baca untuk mengetahui bagaimana cara menambahkan baris dan kolom pada tabel.

Langkah pertama yang harus kalian lakukan adalah dengan menyorot kolom atau baris pada tabel yang akan disisipi tabel atau kolom baru. Setelah itu pada pilihan Tab layout, setelah itu kalian dapat memilih beberapa menu pilihan yang ada di Rows & columnes.

  1. Insert right, menu ini berfungsi untuk menyisipkan tabel, baris, sel, dan kolom pada sebelah kanan.
  2. Insert left, menu ini berfungsi untuk menyisipkan tabel, baris, sel, dan kolom pada sebelah kiri.
  3. Insert below, menu ini berfungsi untuk menyisipkan baris baru di bawah bagian yang disorot.
  4. Insert above, menu ini berfungsi untuk menyisipkan baris baru di atas bagaian yang kalian sorot.

Setelah itu bagaimana lantas apa yang harus kita lakukan jika kita ingin menghapus sel, baris, atau kolom ?

  1. Sorot baris atau kolom yang ingin kalian buat.
  2. Klik tab layout, pada setup Rows& colom pilih delete lalu kalian dapat memilih pilihan berikut ini.
  • Delete Table, berfungsi untuk menghapus tabel yang disosrot.
  • Delete Rows, berfungsi untuk menghapus baris yang disorot.
  • Delete Columnes, berfungsi untuk menghapus kolom.
  • Delete Cells, berfungsi untuk menghapus sel yang ditempati insertion point.

Berikut tadi merupakan langkah-langkah yang dapat kalian untuk membuat tabel dan sedikit tambahan informasi mengenai hal-hal yang berkaitan dengan pembuatan tabel. Selamat mencoba… Semoga berhasil… 🙂