Kurang dari sebulan lagi, sudah mau Natal dan tahun baru nih. Idealnya, kalau berencana liburan di akhir tahun, tiket pesawat beserta akomodasi liburan, semestinya sudah dipesan dari jauh-jauh hari, minimal 6 bulan sebelum waktu keberangkatan. Tentu saja, tujuannya agar kita bisa mendapatkan harga lebih murah dan sempat cari-cari promo biar tambah murah!

Tapi, bisa jadi karena kesibukan, bisa jadi juga berubah pikiran, sebagian orang terpaksa beli akomodasi liburan akhir tahun di waktu yang mepet. Padahal, akhir tahun termasuk peak season yang mana harga berbagai akomodasi pasti melonjak tinggi. Tapi jangan khawatir, kalau kamu mau pesan tiket pesawat dan akomodasi lainnya di waktu yang mepet ini,, berikut adalah cara yang bisa kamu coba agar tetap hemat!

Rutin cek newsletter penawaran dari berbagai online travel agent

Apabila kamu berniat membeli tiket pesawat dan akomodasi lainnya secara tunai, kamu bisa lebih berhemat jika mengandalkan berbagai promo yang ditawarkan travel agent baik online ataupun offline. Online travel agent adalah yang paling sering memberikan promo menarik kepada pelanggannya. Informasi perihal promo ini juga dapat dengan mudah kamu temukan di website atau aplikasi masing-masing online travel agent. Lain halnya dengan travel agent konvensional yang mana informasi perihal promo bisa didapat apabila kamu mendatangi kantor atau menhubungi agennya.

Nah, beberapa online travel agent biasanya juga memiliki penawaran promo khusus bagi pelanggan yang berlangganan email atau newsletternya. Misalnya, promo khusus ulang tahun, promo seasonal, paket liburan, dan masih banyak lagi. Apabila kamu berlangganan newsletter dari online travel agent, yuk coba dicek, siapa tahu ada diskon menarik untuk kamu!

Tidak perlu membeli bagasi

Dalam penerbangan, bagasi adalah salah satu hal yang bisa buat biaya tiket jadi bengkak. Terutama apabila kamu terbang dengan maskapai low cost yang mana bagasi gratis hanya berlaku untuk kabin sebesar 7 kg. Dengan tidak membeli bagasi, kamu bisa semakin menghemat biaya tiket. Tapi, harus diperhitungkan juga di awal mengenai itinerari liburanmu. Kalau singkat, dekat, dan tidak ada titipan ini itu, kamu mungkin bisa saja nggak membeli bagasi. Sebaliknya, kalau liburannya cukup lama dan jauh, kamu perlu menghitung berapa beban yang akan kamu bawa pergi dan pulang, agar bagasi yang kamu beli tepat sasaran dan tidak kelebihan.

Andalkan fasilitas kredit dengan kartu kredit atau kredit online

Berat beli tunai tiket pesawat dan akomodasi liburan lainnya? Maka cara hemat yang terakhir adalah membelinya dengan cicilan. Bisa pakai kartu kredit ataupun kredit online. Biasanya, beberapa kartu kredit perbankan memiliki program cicilan 0% yang bisa kamu andalkan. Kalau nggak punya kartu kredit, jangan khawatir. Layanan kredit online saat ini sudah sangat mudah didapat. Nggak hanya bisa kredit barang, tetapi juga akomodasi liburan, bisa pinjaman tunai juga, Kredivo contohnya.

Untuk kategori travel, Kredivo telah bermitra dengan Tiket.com, pegipegi.com, Citilink, RedDoorz, Panorama Tours, dan beberapa online travel agent lainnya. Jadi, apabila kamu sudah terdaftar dan memiliki akun serta limit di Kredivo, kamu bisa mencicil tiket pesawat dan akomodasi lainnya di OTA-OTA tersebut menggunakan Kredivo. Kredivo menawarkan layanan kredit online dengan pilihan tenor 3/6/12 bulan, tanpa uang muka, dan suku bunga hanya 2,95% saja per bulannya. Cicilan dengan Kredivo bisa dilakukan di merchant atau e-commerce rekanan dengan minimum pembelanjaan sebesar Rp 1 juta ke atas.

Sebelum bisa mencicil dengan Kredivo, kamu tentu perlu daftar akun lebih dulu. Caranya adalah dengan download aplikasi Kredivo di Google Play Store atau App Store lalu pilih daftar untuk akun Premium. Limit maksimal yang bisa diberikan Kredivo untuk pengguna Premium adalah Rp 30 juta. Limit yang berbentuk nontunai inilah yang nantinya bisa kamu gunakan untuk segala jenis transaksi yang tersedia di Kredivo. Mulai dari bayar dalam 30 hari, cicilan s.d 12 bulan, dan tersedia fitur pinjaman mini dan pinjaman jumbo untuk mencairkan limit jadi pinjaman tunai secara resmi. Cocok digunakan untuk kebutuhan darurat.

Dengan mencicil tiket pesawat dan akomodasi lainnya, setidaknya dalam waktu keberangkatan mepet, uang tunai yang kamu miliki masih bisa disimpan untuk kebutuhan lain selama liburan. Selesai liburan, maka waktunya bagi kamu untuk menjalankan komitmen angsuran yang sudah dibuat ya.

Bagaimana, tertarik coba?