Beberapa Alat yang Digunakan untuk Shooting Multicam

  • 2 min read
  • Apr 21, 2021
Shooting Multicam

Semakin canggih teknologi maka semakin banyak juga orang yang kreatif, misalnya jika dahulu orang ingin berakting itu harus jadi pemain film terlebih dahulu. Akan tetapi seiring perkembangan zaman yang sudah berbeda juga keadaan, yang juga semakin kreatif orang-orangnya. Karena sekarang ini kamu tidak perlu jadi bintang film nomor saya untuk bisa berakting, tapi kemauan kamu yang menjadi nomor satu jika kamu ingin memainkan sebuah film. Bukan hanya itu kamu juga bisa membeli perlengkapan membuat film salah satu adalah kamera, karena dengan kamera kamu bisa mengambil video dengan kamu sebagai bintang filmnya.

Namun, itu semua tidak cukup kamu juga harus memiliki tim yang terdiri dari pengambilan gambar, pemeran pendukung, sutradara, dan juga editing video. Pasti semua itu sangat rumit kelihatan. Namun ada juga solusi yang bisa kamu pilih, yakni menyewa jasa pembuatan film dengan begitu kamu tidak perlu repot-repot menyiapkan semuanya, saat ini ada banyak jasa pembuatan video atau film yang bisa kamu pilih, salah satunya studio pelangi. Tapi sebelum kamu mengambil langkah selanjutnya ada baiknya kamu simak mengenai ulasan berikut ini tentang shooting Multicam.

Pengertian Shooting Multicam

Shooting multicam merupakan proses pengambilan gambar atau video yang menggunakan beberapa kamera dengan masing-masing kamera sudah saling terhubung. Proses dari shooting multicam ini membutuhkan banyak peralatan yang lengkap agar proses shooting bisa berjalan dengan baik. Berikut daftar peralatan yang harus tersedia pada saat shooting multicam antara lain:

Kamera

Jenis kamera yang sering digunakan untuk shooting multicam salah satunya adalah kamera studio, yang merupakan jenis kamera yang memiliki fasilitas terlengkap dan sudah pasti tersinkronisasi dengan kamera lainnya. Namun kamu juga bisa menggunakan kamera EFP (Electronic Field Production) yakni kamera yang fleksibel untuk digunakan di dalam dan luar ruangan.

Camera Control Unit

Peralatan yang kedua adalah kamera CCU merupakan alat yang dapat digunakan untuk mengatur fungsi dari pada kamera. Pengaturan tersebut di antara lain:

  • pencahayaan
  • temperature warna
  • kecepatan
  • white balance, dan
  • warna hue (red, green, blue).

Vision Mixer

Sederhananya alat ini adalah sebuah keyboard yang memiliki fungsi untuk memilih gambar dan juga dengan transisinya. Vision mixer ini memiliki banyak jenisnya, mulai dari yang sederhana dengan 1 source output serta 3 source input hingga yang memiliki puluhan source input dan output.

Monitor

Monitor adalah alat yang berguna untuk melihat gambar yang dihasilkan saat shooting kamera. Jumlah monitor juga ada banyak, seperti jumlah kamera yang ada.

Video Tape Recorder

Video tape recorder ini merupakan salah satu benda yang tidak asing, yakni berupa sebuah kaset yang digunakan untuk merekam semua proses shooting.

Character Generator

Character generator adalah Alat yang dibutuhkan untuk menunjukkan title dan subtitle, serta menunjukkan tayangan grafik dari produksi yang dihasilkan dalam proses shooting.

Waveform

Waveform yaitu sebuah Alat yang digunakan untuk mengukur kualitas dari sebuah video sekaligus audio yang direkam oleh kamera pada proses shooting.

Talkback

Talkback yakni mikrofon dan headset yang dapat digunakan kru produksi. Dan juga digunakan dengan tujuan agar bisa berkomunikasi satu sama lain serta memiliki tujuan agar selalu bisa terus terarah.

Teleprompter

Teleprompter merupakan Alat yang diperlukan untuk anchor dalam menyampaikan informasi. Berupa monitor yang terhubung dengan kamera dan komputer pada MCR.

Audio Mixer

Audio mixer adalah Alat yang diperlukan untuk mengatur tinggi rendahnya suara yang diperlukan di dalam proses shooting.

Bagaimana setelah kamu membaca ulasan tersebut kamu mulai menginginkan sesegera mungkin membuat video atau film yang keren kamu juga bisa menyalurkan bakat kamu, namun kamu masih bingung memilih jasa pembuatan video atau film. Solusinya studio pelangi aja.