Alat Ukur Waktu Berdasarkan Ketelitian dan Fungsinya

  • 2 min read
  • May 07, 2021
macam-macam alat ukur waktu

Seperti yang diketahui terdapat macam-macam alat ukur waktu yang dapat digunakan untuk mendukung kegiatan sehari-hari. Waktu sendiri merupakan suatu dimensi masa dimanah terjadi suatu peristiwa atau dapat juga diartikan sebagai suatu ukuran kejadian dan interval.

Sedangkan untuk alat ukur waktu merupakan instrumen atau alat yang digunakan untuk menghitung besaran waktu tersebut. Dalam pengukuran waktu, pada dewasa ini banyak orang menggunakan satuan waktu. Mulai dari nano detik, mili detik, hingga mikro detik tergantung dari kebutuhan.

Macam-macam Alat ukur Waktu Berdasarkan Ketelitian dan Fungsinya

Ada macam-macam alat ukur waktu yang digunakan sejak zaman dulu hingga sekarang. Alat ukur tersebut mempunyai ketelitian serta fungsi yang berbeda-beda mulai dari jam hingga kalender. Untuk lebih jelasnya simak ulasan berikut untuk menambah wawasan Anda.

Jam Pasir

Jam pasir merupakan perangkat pengatur waktu yang banyak digunakan sejak zaman dahulu kala. Jam ini terdiri dari dua tabung gelas yang terhubung dengan tabung sempit. Salah satu Tabung tersebut diisi dengan pasir. Tabung atas akan di sisi dengan pasir sampai penuh dengan bagian bawah yang kosong.

Pasir yang telah di isi tersebut mengalir melalui penghubung kedua tabung tersebut ke tabung di bawahnya dengan laju yang teratur. Alat ini dapat dibalik ketika pasir sudah penuh sehingga dapat digunakan kembali untuk pengatur waktu. Jam pasir ini biasanya mempunyai ketelitian menghitung waktu selama 1 jam.

Jam Dinding

Alat ukur waktu yang biasanya menggantung di dinding ini umumnya menggunakan satuan yang terkecil (detik) dan satuan terbesar (jam). Satuan tersebut memudahkan kita untuk mengetahui waktu yang telah berlalu. Alat ini terdiri tiga jarum, dimanah jarum yang paling pendek biasanya menunjukkan jam.

Sedangkan untuk jarum panjang lainnya menjelaskan menit dan jarum yang bergerak menunjukkan detik yang berjalan. Lama waktu sebuah jam ialah 1/24 (1 per dua puluh empat) hari. Dengan menggunakan skala jam digunakan untuk memperkecil 1 detik maka jam mempunyai ketelitian 0,5 detik.

Stopwatch

Stopwatch merupakan arloji genggam yang biasanya digunakan untuk mengukur waktu yang dibutuhkan. Alat ini banyak digunakan untuk keperluan pertandingan, pertunjukkan, maupun penelitian. Alat ukur waktu ini juga mempunyai fitur Stopclock yang berfungsi sebagai penunda waktu tanpa mempengaruhi proses pengukuran waktu secara keseluruhan. Selain itu, alat ini juga dapat mengukur lebih dari kecepatan waktu dan memiliki tingkat ketelitian hingga 0,05 detik.

Arloji (Jam Tangan)

Saat ini banyak orang menggunakan jam tangan karena mampu memberikan kemudahan ketika ingin melihat waktu saat tidak berada di rumah. Alat ukur ini praktis digunakan karena melekat pada pergelangan pemakainya. Dengan desain yang semakin banyak, arloji saat ini juga bisa menjadi hiasan yang menunjang penampilan. Hampir sama dengan jam pada umumnya, arloji mempunyai ketelitian hingga 0,5 detik.

Digital Timer

Digital Timer digunakan untuk membantu dalam proses pengujian dan menjadi perangkat pendukung dalam kinerja alat uji yang bergantung terhadap waktu yang dibutuhkan. Alat ini banyak digunakan dalam ruang lingkup laboratorium, alat pengujian, serta ruang penelitian.

Perlu diketahui, digital timer memiliki pengaruh besar dalam suatu proses kinerja suatu pengujian. Sehingga petugas di laboratorium uji material mengetahui waktu yang mereka butuhkan untuk dapat memenuhi kebutuhan dari kegiatannya mereka. Digital timer biasanya mempunyai ketelitian 0,5 detik.

Itulah macam-macam alat ukur waktu yang bisa menjadi pengukuran dari detik hingga jam.  Seiring perkembangan zaman yang semakin canggih, alat pengukur waktu juga terus berevolusi menjadi lebih mudah, praktis serta ketelitian yang semakin detail. Walaupun alat ukur waktu semakin canggih, hal itu tidak berpengaruh pada lamanya waktu dalam satu hari. Oleh Karena itu, hargailah waktu sebaik-baiknya dengan melakukan hal yang bermanfaat. Semoga bermanfaat!